Pemerolehan Soft Skills dan Added Values Peserta dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat di Lembaga Stube HEMAT

Narwastujati, Ariani (2012) Pemerolehan Soft Skills dan Added Values Peserta dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat di Lembaga Stube HEMAT. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ariani-narwastujati-10704251007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengkaji dan mendeskripsikan dimensi belajar dalam proses belajar yang terjadi di lembaga Stube HEMAT yang memberi ruang bagi perkembangan manusia yang utuh, (2) menemukan kompetensi-kompetensi yang bisa ditumbuhkan dan diperoleh dari proses belajar sebagai pelengkap kemampuan kognitif yang diperoleh di perguruan tinggi, (3) memperoleh dimensi belajar yang sesuai dengan latar belakang sosial budaya Indonesia dan menjawab kebutuhan sumber daya manusia yang berkualitas, (4) mendapatkan gambaran program pelatihan di lembaga Stube HEMAT sebagai bentuk pendidikan nonformal dengan menghadirkan tiga dimensi belajar, (5) serta mengkaji pemerolehan dan penguasaan soft skills dan added values yang ditimbulkan sebagai modal untuk melakukan pemberdayaan masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan memakai jenis penelitian partisipasi lengkap dan merupakan model pendekatan studi kasus. Penelitian dilakukan di lembaga Stube HEMAT, Yogyakarta. Instrumen kunci penelitian ini adalah peneliti sebagai human instrument. Data dikumpulkan dengan melakukan observasi lengkap dan interaksi yang intens dengan sumber data lewat observasi partisipasi, wawancara mendalam, dan studi dokumen serta dokumentasi. Reliabilitas data dilakukan dengan pengamatan terus-menerus, triangulasi serta mendiskusikan dengan kolega dan ahlinya. Hasil penelitian yang dilakukan adalah sebagai berikut. (1) Proses belajar yang terjadi lembaga Stube HEMAT bertitik tolak dari pemahaman adult learning dan model belajar informal melalui proses belajar experiential learning, situational learning dan incidental learning sehingga terbentuk tiga dimensi belajar yang bermanfaat untuk pemerolehan soft skills dan added values. (2) Kompetensi yang ditumbuhkan berupa kompetensi untuk berinteraksi, mengatur diri, berkomunikasi, dan berorganisasi. (3) Dimensi belajar yang sesuai dengan latar belakang sosial budaya Indonesia terlihat dari topik-topik seperti pertanian organik, energi alternatif, pengelolaan sampah, multikultural dan pemahaman budaya dan lain sebagainya, khususnya untuk pengembangan potensi mahasiswa dari luar Pulau Jawa. (4) Keutuhan tiga dimensi yakni kognitif, emosi dan sosial dihadirkan dalam bentuk penyampaian teori dan konsep, refleksi rohani dan interaksi langsung di lapangan. (5) Soft skills dan added values yang diperoleh peserta lebih cepat terlihat dari program eksposur lokal.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: soft skills, added values, pemberdayaan masyarakat
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2016 07:06
Last Modified: 28 Feb 2024 05:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34347

Actions (login required)

View Item View Item