Studi Eksplorasi dan Simulasi Pembelajaran Kontekstual Untuk Peningkatan Karakter dan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas VIII E SMPN 2 Sanden Bantul

Nursanti, Nursanti (2012) Studi Eksplorasi dan Simulasi Pembelajaran Kontekstual Untuk Peningkatan Karakter dan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas VIII E SMPN 2 Sanden Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nursanti-10705251006.swf

Download (74MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan pengalaman kongkrit tentang penerapan pembelajaran kontekstual pada pembelajaran IPS dalam meningkatkan karakter dan hasil belajar siswa kelas VIII E SMPN 2 Sanden Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian eksplorasi dan simulasi tentang pembelajaran kontekstual dalam menerapkan tujuh komponen utama pembelajaran kontekstual, yakni: konstruktivisme, bertanya, menemukan, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi dan penilaian otentik. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas VIII E SMPN 2 Sanden Bantul sejumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, wawancara, dan catatan lapangan. Sedangkan instrumen pengumpulan datanya menggunakan tes untuk hasil belajar dan non tes berupa lembar observasi dan angket untuk mengumpulkan data tentang karakter siswa. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan pembelajaran kontekstual terjadi peningkatan karakter dan hasil belajar siswa. Peningkatan tersebut dapat diketahui dari perbedaan skor pratindakan dan pascatindakan. Skor karakter pada pratindakan menunjukkan tidak ada siswa yang masuk kategori sangat baik, 5 siswa masuk kategori baik, 8 siswa masuk kategori cukup, 14 siswa masuk kategori tidak baik, 2 siswa masuk katagori sangat tidak baik. Skor pada pascatindakan menunjukkan 2 siswa masuk kategori sangat baik, 24 siswa masuk kategori baik, 2 siswa masuk kategori cukup, 1 siswa masuk kategori tidak baik, tidak ada siswa yang masuk kategori sangat tidak baik. Sementara itu hasil belajar siswa pada pratindakan menunjukkan nilai rata-rata 37,79, sedangkan pada pascatindakan menunjukkan nilai rata-rata 70,68. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan karakter dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kontekstual, karakter, hasil belajar
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 10 Jun 2016 06:31
Last Modified: 10 Jun 2016 06:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34344

Actions (login required)

View Item View Item