Winarni, Nunuk Sri (2012) Kreativitas Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran Bermakna Mata Pelajaran IPS di MTs Negeri Bener-Kabupaten Purworejo. S2 thesis, UNY.
|
Text
tesis-nunuk-sri-winarni-10705251016.swf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas guru dalam pembelajaran bermakna mata pelajaran IPS, pada kelas VIII di MTs Negeri Bener. Permasalahan dalam pembelajaran IPS kreativitas guru dalam pembelajaran IPS masih kurang dan guru belum menerapkan sumber-sumber pembelajaran. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini digali dari informan (narasumber) yaitu kepala sekolah, guru- guru, siswa-siswa, aktivitas proses pembelajaran, dan dokumen-dokumen yang berhubungan dengan pembelajaran IPS kelas VIII di MTs Negeri Bener. Pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kreativitas guru dalam pembelajaran bermakna dengan mengembangkan berbagai sumber belajar, hasilnya model media internet, komik, peta pikiran, dan studi lapangan. Upaya mengembangkan kreativitas guru dalam pembelajaran bermakna mata pelajaran IPS dilaksanakan dengan kreativitas merencanakan pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran, dan mengevaluasi pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (S2) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | kreativitas, pembelajaran bermakna |
| Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan IPS |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS |
| Depositing User: | Users 57 not found. |
| Date Deposited: | 10 Jun 2016 04:17 |
| Last Modified: | 29 Jan 2019 08:21 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34340 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
