Putra, Ardian Jiwandana Satrio Putra (2014) HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PENGALAMAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI DENGAN KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK N 1 SEYEGAN TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, UNY.
|
Text
Ardian Jiwandana Susilo 10504241009.pdf Download (10MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini dirancang untuk : (1). mengetahui adanya hubungan antara kemandirian belajar dengan kesiapan kerja, (2). mengetahui adanya hubungan antara pengalaman praktik kerja industri dengan kesiapan kerja, (3). mengetahui adanya hubungan antara kemandirian belajar dan pengalaman praktik kerja industri dengan kesiapan kerja siswa kelas XI jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK N 1 Seyegan. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan ex-post facto. Penelitian ini termasuk penelitian populasi, dengan jumlah 98 siswa kelas XII jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK N 1 Seyegan tahun ajaran 2013/2014. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket. Validitas instrumen di uji menggunakan expert judgment. Reabilitas instrumen dihitung menggunakan rumus Alpha cronbach. Data yang diperoleh di uji menggunakan statistik deskriptif, analisis korelasi dengan regresi dengan bantuan komputer program SPSS versi 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1). Tidak ada hubungan positif yang signifikan antara kemandirian belajar (X1) dan kesiapan kerja (Y) dengan harga rhitung 0,211 < rtabel 0,215 atau (p > 0,05), (2). Ada hubungan positif yang signifikan antara pengalaman praktik kerja industri (X2) dan kesiapan kerja (Y) harga rhitung 0,343 > rtabel 0,215 atau (p <0,05), (3). Ada hubungan yang positif antara kemandirian belajar (X1) dan pengalaman praktik kerja industri (X2) dengan kesiapan kerja (Y) hal ini ditunjukkan besarnya F regresi, Fhitung = 6,096 > Ftabel 3,11 atau (p < 0,05), sedangkan besarnya prediksi kemandirian belajar dan pengalaman praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja yaitu R2 = 0,132. Hal ini menunjukkan besarnya varian kesiapan kerja yang dapat di prediksi oleh kemandirian belajar dan pengalaman praktik kerja industri adalah 13,2%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemandirian belajar, pengalaman praktik kerja industri, kesiapan kerja |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 10 Jun 2016 03:25 |
Last Modified: | 11 Mar 2019 03:59 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34339 |
Actions (login required)
View Item |