Kurniawan, Andrew Cahya (2016) PENGARUH SIKAP DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PERBAIKKAN PERAWATAN KELISTRIKAN OTOMOTIF PROGRAM STUDI KEAHLIAN TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF KELAS XI SMK PIRI SLEMAN TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, UNY.
|
Text
Andrew Cahya Kurniawan 08504241040.pdf Download (14MB) | Preview |
Abstract
PENGARUH SIKAP DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PERBAIKKAN PERAWATAN KELISTRIKAN OTOMOTIF PROGRAM STUDI KEAHLIAN TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF KELAS XI SMK PIRI SLEMAN TAHUN AJARAN 2012/2013 Oleh Andrew Cahya Kurniawan NIM. 08504241040 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh sikap terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran perbaikkan perawatan kelistrikan otomotif Program Studi Keahlian Teknik Mekanik Otomotif Kelas XI SMK PIRI Sleman Tahun Ajaran 2012/2013. (2) Pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran perbaikkan perawatan kelistrikan otomotif Program Studi Keahlian Teknik Mekanik Otomotif Kelas XI SMK PIRI Sleman Tahun Ajaran 2012/2013; (3) Pengaruh sikap dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran perbaikkan perawatan kelistrikan otomotif Program Studi Keahlian Teknik Mekanik Otomotif Kelas XI SMK PIRI Sleman Tahun Ajaran 2012/2013. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Studi Keahlian Teknik Mekanik Otomotif Kelas XI SMK PIRI Sleman Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 63 siswa. Penelitian ini termasuk penelitian ex-post facto. Metode pengambilan data menggunakan kuesioner model skala likert untuk variabel sikap siswa dan kebiasaan belajar, sedangkan variabel prestasi belajar mata pelajaran perbaikkan perawatan kelistrikan otomotif menggunakan metode dokumentasi berupa nilai raport semester gasal mata pelajaran perbaikan perawatan kelistrikan otomotif. Validitas instrumen penelitian dilakukan dengan analisis butir yang dihitung dengan rumus korelasi Product moment. Reliabilitas instrumen dihitung dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Sebelum dilakukan analisis data terlebih dahulu diadakan pengujian persyaratan analisis yang meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah dengan teknik korelasi dan analisis regresi linier ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh sikap siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Perbaikkan Perawatan Kelistrikan Otomotif Program Studi Keahlian Teknik Mekanik Otomotif kelas XI SMK PIRI Sleman Tahun Ajaran 2012/2013 yang ditunjukan menggunakan korelasi antara X1 terhadap Y dengan r sebesar 0,449 lebih besar dari harga rtabel pada taraf signifikan 5% yaitu 0,244, dan persamaan regresi Y = 80,254 + 0,363 X1 dengan Sumbangan Efektif sebesar 16,16%; (2) Terdapat pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Perbaikkan Perawatan Kelistrikan Otomotif Program Studi Keahlian Teknik Mekanik Otomotif kelas XI SMK PIRI Sleman Tahun Ajaran 2012/2013 ditunjukan dengan korelasi antara X2 terhadap Y dengan r sebesar 0,608 lebih besar dari harga rtabel pada taraf signifikan 5% yaitu 0,244, dan persamaan regresi Y = 80,118 + 0,542 X2 dengan Sumbangan Efektif sebesar 8 % (3) Terdapat pengaruh sikap dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Perbaikkan Perawatan Kelistrikan Otomotif Program Studi Keahlian Teknik Mekanik Otomotif kelas XI SMK PIRI Sleman Tahun Ajaran 2012/2013 ditunjukan dengan korelasi antara X2 terhadap Y dengan r sebesar 0,608 lebih besar dari harga rtabel pada taraf signifikan 5% yaitu 0,244, dan persamaan regresi Y = 78,972+0,696 X1+0,350 X2 dengan Sumbangan Efektif sebesar 25 %.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 10 Jun 2016 03:14 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 09:32 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34337 |
Actions (login required)
View Item |