Mulianti, Mulianti (2016) Model Faktor Determinan Kompetensi Lulusan Politeknik di Sumatera Barat. S3 thesis, UNY.
Text
disertasi-mulianti-10702269009.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi validitas dan reliabilitas indikator dari faktor-faktor yang berperan pada kompetensi lulusan politeknik di Sumatera Barat; (2) menemukan model hubungan kausal antara faktor-faktor yang diduga mempengaruhi kompetensi lulusan; (3) memperoleh model hubungan faktor-faktor determinan terhadap kompetensi lulusan politeknik. Validasi instrumen dilakukan melalui expert judgment oleh para ahli dari Universitas Negeri Padang dan Politeknik Negeri Padang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Populasi penelitian adalah dosen dan lulusan politeknik di Sumatera Barat. Teknik sampling menggunakan simple random sampling, dengan sumber data penelitian meliputi 396 responden terdiri atas dosen dan lulusan Politeknik Negeri Padang dan Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh. Analisis data dimulai dengan uji normalitas dan uji multikolinieritas. Data dianalisis menggunakan multisampel, dilanjutkan dengan estimasi asymptotic covariance matrix dengan analisis confirmatory factor analysis dan model struktural. Hasil penelitian mengungkap sebagai berikut: (1) terdapat 26 indikator yang valid dan reliabel dalam merefleksikan enam variabel yaitu kepemimpinan pengelola, budaya akademik, suasana akademik, kompetensi dosen, mutu pembelajaran dan kompetensi lulusan; (2) terdapat hubungan kausal yang positif dan signifikan, yaitu: (a) kepemimpinan pengelola berpengaruh langsung terhadap budaya akademik, (b) budaya akademik berpengaruh langsung terhadap suasana akademik, (c) kepemimpinan pengelola berpengaruh langsung dan tidak langsung melalui budaya akademik terhadap suasana akademik, (d) suasana akademik berpengaruh langsung terhadap kompetensi dosen, (e) kepemimpinan pengelola berpengaruh langsung dan tidak langsung melalui budaya akademik dan suasana akademik terhadap kompetensi dosen, (f) suasana akademik berpengaruh langsung serta tidak langsung melalui kompetensi dosen terhadap mutu pembelajaran, (g) kompetensi dosen berpengaruh langsung terhadap mutu pembelajaran, (h) mutu pembelajaran berpengaruh langsung terhadap kompetensi lulusan; (3) terdapat faktor yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi lulusan, yaitu: (a) kepemimpinan pengelola berpengaruh tidak langsung melalui budaya akademik, suasana akademik, kompetensi dosen dan mutu pembelajaran, (b) budaya akademik berpengaruh tidak langsung melalui suasana akademik, kompetensi dosen dan mutu pembelajaran, (c) suasana akademik berpengaruh tidak langsung melalui kompetensi dosen dan mutu pembelajaran, (d) kompetensi dosen berpengaruh tidak langsung melalui mutu pembelajaran, dan (e) mutu pembelajaran berpengaruh langsung terhadap kompetensi lulusan.
Item Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Politeknik, Kompetensi Lulusan, Kepemimpinan Pengelola, Budaya Akademik, Suasana Akademik Kompetensi Dosen, Mutu Pembelajaran |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 13 Jun 2016 01:29 |
Last Modified: | 23 Aug 2022 01:09 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34326 |
Actions (login required)
View Item |