LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 4 SURAKARTA PROVINSI JAWA TENGAH

Aby, Riestanti (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 4 SURAKARTA PROVINSI JAWA TENGAH. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
TATA BOGA # ABY RIESTANTI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa program S1 kependidikan. Program PPL bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan; memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran; dan meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam pembelajaran di sekolah. SMK Negeri 4 Surakarta, yang beralamatkan di Jl. Adisucipto no.40 Surakarta adalah sekolah kejuruan yang merupakan salah satu lokasi PPL UNY 2015. PPL dilaksanakan selama 5 minggu yaitu pada tanggal 10 Agustus – 12 September 2015 sebanyak 27 kali praktik terbimbing dan mandiri. Mata pelajaran yang diampu adalah Ilmu Gizi dan Pengetahuan Bahan Makanan dengan alokasi waktu tiap pertemuan 6 jam pelajaran untuk Ilmu Gizi dan 3 jam pelajaran untuk Pengetahuan Bahan Makanan. Mahasiswa mengampu tiga kelas yaitu X BOGA 1, X BOGA 2, dan X BOGA 4. Kegiatan yang dilakukan selama PPL antara lain: persiapan sebelum mengajar meliputi penyusunan RPP, penyusunan materi ajar, penyusunan dan pengembangan media pembelajaran, praktik mengajar dan evaluasi. Pendekatan yang digunakan dalam proses pembelajaran yaitu dengan pendekatan saintifik dengan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, praktek. Adapun model pembelajaran yang digunakan yaitu Problem Based Learning. Hasil yang didapat dari kegiatan PPL ini yaitu 1) Program PPL dapat menambah pengalaman dan wawasan mahasiswa mengenai segala aktivitas yang terkait dengan proses pembelajaran; 2) Mahasiswa dapat menerapkan ilmunya untuk kegiatan praktik mengajar; 3) Meningkatkan kerjasama sekolah dan pihak UNY; 4) Membantu mahasiswa PPL berinteraksi dengan siswa sebagaimana mestinya seorang guru pada siswa.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMK N 4 Surakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Jun 2016 02:14
Last Modified: 01 Oct 2019 11:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34322

Actions (login required)

View Item View Item