Studi Komparasi Model Pembelajaran Sejarah di SMA Taruna Nusantara dan SMA Negeri 4 Magelang

Aditya, Muhammad Fendi (2016) Studi Komparasi Model Pembelajaran Sejarah di SMA Taruna Nusantara dan SMA Negeri 4 Magelang. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muhammad-fendi-aditya-14718251002.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui kebijakan kepala sekolah di kedua sekolah terkait mata pelajaran Sejarah, (2) untuk mengetahui kebijakan kurikulum mengenai porsi penempatan mata pelajaran Sejarah, (3) mengetahui bagaimana guru menyampaikan materi dan model pembelajaran Sejarah di SMA Taruna Nusantara dan SMA Negeri 4 Magelang, (4) mengetahui pendapat siswa perihal guru menyampaikan materi Sejarah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan melakukan pengamatan kelas dan melakukan wawancara dengan kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru mata pelajaran sejarah dan menyebar angket pertanyaan kepada para siswa. Penelitian dilaksanakan pada dua sekolah yaitu di SMA Taruna Nusantara dan SMA Negeri 4 Magelang. SMA Taruna Nusantara menggunakan kurikulum ganda yaitu Kurikulum 2013 dan Kurikulum Khusus berbasis bela negara. SMA Negeri 4 Magelang menggunakan Kurikulum 2006 dan mengedepankan penanaman nilai yang luhur terutama nilai multikultural dan nilai religius menempatkan mata pelajaran sejarah sebagai salah satu mata pelajaran utama dalam mendukung suksesnya penanaman nilai luhur terutama nilai multikultural dan religius. Hasil dari penelitian di kedua sekolah ini memunculkan fakta bahwa mengenai model pembelajaran sejarah di SMA Taruna Nusantara dan di SMA Negeri 4 Magelang memang berbeda. Disini terdapat penemuan yang berbeda pula dari sisi komparasi model pembelajaran sejarah di SMA Taruna Nusantara dan SMA Negeri 4 Kota Magelang ditinjau dari kebijakan sekolah, kurikulum pembelajaran sejarah, aktifitas kegiatan belajar mengajar di kelas yang melibatkan peran guru secara lebih khusus, serta pendapat siswa mengenai model pembelajaran sejarah yang telah diterapkan oleh guru sejarah yang bersangkutan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Studi Komparasi, Model Pembelajaran Sejarah, SMA Taruna Nusantara – SMA Negeri 4 Magelang
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Sejarah
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 13 Jun 2016 01:34
Last Modified: 13 Jun 2016 01:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34317

Actions (login required)

View Item View Item