PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KECENDERUNGAN MEMECAHKAN MASALAH PADA SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI YOGYAKARTA II

Endarwati Dewi, Endarwati (2016) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KECENDERUNGAN MEMECAHKAN MASALAH PADA SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI YOGYAKARTA II. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Endarwati Dewi_12104241043.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kecerdasan emosional terhadap kecenderungan memecahkan masalah siswa, (2) kecerdasan emosional siswa, (3) kecenderungan memecahkan masalah pada siswa kelas X MAN Yogyakarta II. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian hubungan kausal. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MAN Yogyakarta II. Sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling dengan jumlah tiga kelas. Alat pengumpul data berupa skala kecerdasan emosional dan kecenderungan memecahkan masalah. Uji validitas instrumen menggunakan validitas konstruk dengan uji expert judgment. Uji reliabilitas instrumen dihitung dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan teknik regresi sederhana pada uji hipotesis dengan nilai signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikansi antara kecerdasan emosional terhadap kecenderungan memecahkan masalah pada siswa dengan sumbangan efektif sebesar 65,2%, (2) kecerdasan emosional mayoritas pada kategori sedang yaitu 41 siswa (53,2%), dan (3) kecenderungan memecahkan masalah mayoritas pada kategori sedang yaitu 57 siswa (74,03%). Persamaan garis regresinya adalah Y = -5,491 + 0,767. Kesimpulan penelitian ini adalah kecerdasan emosional dapat memprediksi kecenderungan memecahkan masalah pada siswa dan mayoritas kecerdasan emosional maupun kecenderungan memecahkan masalah siswa kelas X MAN Yogyakarta II terkategori sedang. Kata kunci: kecerdasan emosional, kecenderungan memecahkan masalah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 10 Jun 2016 01:45
Last Modified: 30 Jan 2019 09:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34314

Actions (login required)

View Item View Item