Keefektifan Setting Think Pair Share (TPS) Dalam Pendekatan Discovery Learning dan Problem Based Learning (PBL) Ditinjau dari Prestasi Belajar,Kemampuan Komunikasi Matematis,dan Kemampuan Interpersonal Siswa

Hidayati, Rahmi (2016) Keefektifan Setting Think Pair Share (TPS) Dalam Pendekatan Discovery Learning dan Problem Based Learning (PBL) Ditinjau dari Prestasi Belajar,Kemampuan Komunikasi Matematis,dan Kemampuan Interpersonal Siswa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rahmi-hidayati-14709251051.swf

Download (7MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan setting think pair share (TPS) dalam pendekatan discovery learning dan problem based learning ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan komunikasi matematis, dan kemampuan interpersonal siswa SMP Negeri 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan populasi semua siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016 yang terdiri dari delapan kelas. Sampel penelitian dipilih secara acak dari delapan kelas yang ada, terpilih dua kelas yaitu VIII E dan VIII F. Kelas VIII E sebagai kelas eksperimen I diajar dengan setting TPS dalam pendekatan discovery learning dan kelas VIII F sebagai kelas eksperimen II diajar dengan setting TPS dalam pendekatan problem based learning. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes prestasi belajar, tes kemampuan komunikasi matematis, dan angket kemampuan interpersonal siswa. Data dianalisis menggunakan dua cara yakni: 1) one sample t-test digunakan untuk menyelidiki keefektifan setting TPS dalam pendekatan discovery learning dan problem based learning (PBL); dan 2) Multivariate Analysis of Variance (Manova), digunakan untuk menyelidiki perbedaan keefektifan antara setting TPS dalam pendekatan discovery learning dan problem based learning (PBL). Temuan penelitian menunjukkan bahwa setting TPS dalam pendekatan discovery learning dan problem based learning efektif ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan komunikasi matematis, dan kemampuan interpersonal siswa SMP Negeri 1 Yogyakarta. Untuk perbedaan keefektifan, hasil temuan menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan keefektifan antara setting TPS dalam pendekatan discovery learning dan problem based learning (PBL) ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan komunikasi matematis, dan kemampuan interpersonal siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: setting tps dalam pendekatan discovery learning, pendekatan problem based learning, prestasi belajar, kemampuan komunikasi matematis, dan kemampuan interpersonal siswa
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Jun 2016 01:35
Last Modified: 09 May 2019 07:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34310

Actions (login required)

View Item View Item