Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar IPS

Iksan, Muhammad (2012) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar IPS. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muhammad-iksan-10705251019.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar, (2) pengaruh motivasi terhadap hasil belajar, dan (3) interaksi model pembelajaran dan motivasi terhadap hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasi penelitian ini semua siswa kelas VII SMP Negeri di Kecamatan Sumbawa dan Kecamatan Unter Iwes Kabupaten Sumbawa Propinsi Nusa Tenggara Barat, yang berjumlah 1365 siswa. Sampel dipilih secara random dengan teknik undian untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data diperoleh dengan : (1) Tes, untuk mengukur pemamahan konsep IPS, dan (2) Non Tes, berupa: angket (kuesioner) dengan skala likert dan lembar observasi untuk mengukur motivasi. Pengukuran didasarkan pada skor yang diperoleh siswa dari hasil tes dan pengisian angket tentang motivasi belajar. Data dianalisis menggunakan analisis faktorial dua jalan dengan sel tak sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran Problem Posing lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional (F1,70;0,05 = 14,590), (2) tidak ada pengaruh motivasi terhadap hasil belajar (F1,70;0,05 = 1,460), dan (3) tidak terdapat interaksi pengaruh antara model pembelajaran dan motivasi terhadap hasil belajar (F1,70;0,05 = 1,244).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengaruh, problem posing, motivasi
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 09 Jun 2016 10:28
Last Modified: 09 Jun 2016 10:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34306

Actions (login required)

View Item View Item