Penerapan Model Pembelajaran Primer di SMKN 2 Mataram Nusa Tenggara Barat

Faqih, Muhammad (2012) Penerapan Model Pembelajaran Primer di SMKN 2 Mataram Nusa Tenggara Barat. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muhammad-faqih-09705251009.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penerapan pembelajaran primer di SMKN 2 Mataram; 2) tingkat keberhasilan penerapan pembelajaran primer di SMKN 2 Mataram; 3) faktor-faktor yang menghambat penerapan pembelajaran primer di SMKN 2 Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif evaluatif. Penentuan subjek penelitian dilakukan dengan purposive sampling yang dipilih sesuai dengan kebutuhan atau pertimbangan tertentu dari peneliti. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Sedangkan objek yang diteliti dalam penelitian ini adalah keberhasilan penerapan pembelajaran primer di SMKN 2 Mataram. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif evaluatif. Metode ini menyelidiki keadaan atau kegiatan setelah selesai lalu memaparkan hasilnya dalam bentuk laporan. Hasil penelitian menunjukkan, penerapan model pembelajaran primer di SMKN 2 Mataram: 1) Memiliki landasan hukum, desain dan model, dan organisasi pembelajaran yang memenuhi kriteria baik, dan sudah disosialisasikan dengan baik. 2) Penerapan pembelajaran primer di SMKN 2 Mataram dapat dikatakan memenuhi kriteria baik, namun belum ideal karena beberapa faktor. 3) Faktor yang menghambat adalah tim pembelajaran primer belum menyediakan waktu untuk bertemu secara terjadwal.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran primer
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2016 10:22
Last Modified: 29 Jan 2019 08:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34305

Actions (login required)

View Item View Item