Pengembangan Multimedia Pembelajaran Geografi Berbasis Pendidikan Karakter

Ningrum, Mei Vita Romadon (2012) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Geografi Berbasis Pendidikan Karakter. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-mei-vita-romadon-ningrum-10705251012.swf

Download (52MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (a) menghasilkan multimedia pembelajaran geografi yang mengintegrasikan dan membentuk karakter siswa yang terkait dengan nilai tanggung jawab, tangguh, cerdas, dan peduli, dan (b) mengetahui kelayakan dan keefektifan multimedia pembelajaran geografi tersebut untuk meningkatkan hasil belajar dan karakter siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research dan development). Tahapan penelitian ini terdiri atas: analisis kebutuhan, desain pengembangan, pengembangan multimedia, dan validasi/evaluasi produk. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 32 orang yang terdiri atas 1 orang ahli materi, 1 orang ahli media, 3 orang siswa “one to one evaluation”, 12 orang siswa “small group evaluation”, dan 15 orang siswa “field trial evaluation”. Data penelitian ini dikumpulkan melalui lembar validasi ahli, lembar tes hasil belajar, angket karakter siswa dan lembar jawaban dilema moral. Selanjutnya data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan uji analisis one sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan hal berikut ini: (a) Multimedia pembelajaran geografi berbasis pendidikan karakter hasil pengembangan dinilai layak dengan kriteria “baik” (4,21). (b) Multimedia pembelajaran geografi berbasis pendidikan karakter efektif dipergunakan dalam meningkatkan hasil belajar dan karakter siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan peningkatan skor rerata siswa pada saat pre test dan post test yaitu sebesar 8,67 dengan persentase peningkatan ketuntasan hasil belajar kognitif sebesar 53,3%. Pada aspek karakter, peningkatan skor rerata siswa pada saat pre test dan post test untuk nilai tanggung jawab adalah sebesar 0,73, nilai tangguh sebesar 3,4, nilai cerdas sebesar 3,2, dan nilai peduli sebesar 4,27. Melalui tes dilema moral, diketahui bahwa multimedia pembelajaran geografi efektif dalam meningkatkan perkembangan moral siswa. Untuk nilai tanggung jawab, rata-rata siswa berada pada perkembangan moral tingkat I tahap 2, nilai tangguh rata-rata siswa berada pada perkembangan moral tingkat II tahap 3, nilai cerdas rata-rata siswa berada pada perkembangan moral tingkat I tahap 2, nilai peduli lingkungan rata-rata siswa berada pada perkembangan moral tingkat I tahap 1, dan peduli sosial rata-rata siswa berada pada perkembangan moral tingkat II tahap 3.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia, pembelajaran geografi, pendidikan karakter
Subjects: Ilmu Sosial > Geografi
Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2016 10:08
Last Modified: 29 Jan 2019 08:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34303

Actions (login required)

View Item View Item