EFEKTIVITAS TERAPI TAWA UNTUK MENURUNKAN TINGKAT KEJENUHAN BELAJAR PADA SISWA KELAS XI DI SMA 11 YOGYAKARTA

Dhanang Suwidagdho, Dhanang (2016) EFEKTIVITAS TERAPI TAWA UNTUK MENURUNKAN TINGKAT KEJENUHAN BELAJAR PADA SISWA KELAS XI DI SMA 11 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Dhanang Suwidagdho_12104241054.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui tingkat kejenuhan belajar pada siswa kelas XI SMA 11 Yogyakarta; (2) Mengetahui apakah terapi tawa efektif untuk menurunkan tingkat kejenuhan belajar pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif metodenya Quasi Experimental dengan desain nonequivalent control group design. Pada penelitian ini, populasi terdiri dari delapan kelas pada kelas 11. Sampel ditentukan menggunakan Quote Purposive Sampling dan didapat sampel yakni kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 3 sebagai kelas kontrol sebanyak 33 siswa melalui pretest. Penelitian ini dilakukan di SMA 11 Yogyakarta pada 22 Februari 2016 sampai 28 Maret 2016. Peneliti memberi perlakuan pada kelompok eksperimen menggunakan Terapi Tawa sedangkan kelompok kontrol tidak diberi perlakuan. Kemudian masing-masing diberikan posttest dan hasil data diolah untuk mengetahui efektivitas terapi tawa untuk menurunkan tingkat kejenuhan elajar. Untuk melihat pengaruh perlakuan, peneliti menggunakan uji Wilcoxon. Sedang untuk membuktikan hipotesis, peneliti menggunakan uji Mann Whitney (Uji U). Hasil penelitian diperoleh kesimpulan yaitu (1) Persentase siswa yang mengalami kejenuhan belajar kelompok eksperimen yakni 71% sedang kelompok kontrol 63%. (2) Hasil uji hipotesis diperoleh nilai sig 0,019 ≤ 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak atau terapi tawa efektif untuk menurunkan tingkat kejenuhan belajar siswa. Kata kunci: kejenuhan belajar, terapi tawa, efektivitas terapi tawa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 09 Jun 2016 06:01
Last Modified: 30 Jan 2019 09:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34271

Actions (login required)

View Item View Item