PENINGKATAN INTERAKSI SOSIAL SISWA TERISOLIR MELALUI TEKNIK SOSIODRAMA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 8 YOGYAKARTA

Devi Nur Hidayati, Devi (2016) PENINGKATAN INTERAKSI SOSIAL SISWA TERISOLIR MELALUI TEKNIK SOSIODRAMA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 8 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI FULL PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya siswa-siswa terisolir di SMP Negeri 8 Yogyakarta, sekolah yang unggul hal akademik dan non akademiknya. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimanakah sosiodrama dapat meningkatkan interaksi sosial siswa terisolir. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dalam bimbingan kelompok dengan metode sosiodrama yang dimainkan oleh siswa-siswa terisolir. Subyek penelitian ini adalah siswa-siswa terisolir yang berjumlah 12 siswa di kelas VIII. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala dan pedoman observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah perbandingan rerata dan analisis observasi. Pelaksana utama penelitian adalah peneliti itu sendiri berkolaborasi Guru BK di SMP Negeri 8 Yogyakarta sebagai pelaksana kedua sekaligus observer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode sosiodrama dapat meningkatkan interaksi sosial siswa terisolir dalam kelompok kecil dilihat dari rerata pre-test yang naik 23,75 point dari 112,75 menjadi 136,5 pada post-test I siklus I dan naik 20,5 poin pada post-test II siklus 2 menjadi 157 poin. Kenaikan rerata ini juga disertai peningkatan interaksi sosial yang didapat melalui observasi oleh observer dalam kelompok kecil. Peningkatan yang diamati melalui observasi adalah peningkatan aspek-aspek interaksi sosial yaitu komunikasi, persepsi sosial dan proses belajar sosial. Peningkatan komunikasi siswa terisolir terlihat dari intensitas siswa terisolir tersebut saling bercakap-cakap seiring dengan lamanya pelaksanaan sosiodrama. Peningkatan persepsi sosial juga terlihat pada saat diadakannya diskusi mengenai jalannya sosiodrama. Peningkatan aspek proses belajar sosial yang terlihat dalam sosiodrama ini hanyalah modelling yang dilakukan siswa terisolir dari satu siswa terisolir kepada siswa terisolir lainnya pada waktu memainkan sosiodrama. Kata kunci: interaksi sosial, siswa terisolir, sosiodrama

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 09 Jun 2016 04:48
Last Modified: 30 Jan 2019 09:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34264

Actions (login required)

View Item View Item