HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN BURNOUT BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA

Fani Rahmasari, Fani (2016) HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN BURNOUT BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dengan burnout belajar siswa kelas XI SMA Negeri 4 Yogyakarta.. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 4 Yogyakarta dengan jumlah 258 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling dalam menentukan sampel. Sampel penelitian terdiri dari 5 kelas dengan jumlah subyek sebanyak 146 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan skala dukungan sosial dan burnout belajar. Uji validitas ini dengan menunjuk expert judgement pada skala dukungan sosial sedangkan skala burnout belajar diketahui memiliki angka validitas P>0,01. Hasil uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach yakni sebesar 0,862 untuk burnout belajar dan 0,946 pada skala dukungan sosial. Analisis data menggunakan product moment dari pearson dengan bantuan program SPSS for windows seri 22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan negatif dan sigifikan antara dukungan sosial dengan burnout belajar pada siswa kelas XI SMA Negeri 4 Yogyakarta, besarnya hubungan dilihat dari nilai harga korelasi sebesar -0,417 dengan signifikansi p=0.000<0.05, artinya semakin tinggi dukungan sosial maka semakin rendah burnout belajar dan sebaliknya semakin rendah dukungan sosial yang diperoleh maka semakin tinggi tingkat burnout belajar. Nilai determinasi (R square) sebesar 0,714 dapat diartikan bahwa dukungan sosial memberikan sumbangan efektif sebesar 17,4% terhadap burnout belajar berarti masih ada 82,6% disebabkan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kata Kunci: dukungan sosial, burnout belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 09 Jun 2016 04:30
Last Modified: 30 Jan 2019 09:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34260

Actions (login required)

View Item View Item