PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN

Hani Prita octarini, Hani Prita octarini (2015) PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN PRITA.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK PRITA.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PRITA.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II PRITA.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III PRITA.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar mengenal serta menghayati seluk beluk lembaga pendidikan dengan segenap permasalahannya. Baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan adminitrasi pendidikan. Melalui PPL mahasiswa dapat menerapkan disiplin ilmu yang diperoleh di kampus untuk diterapkan kedalam lingkungan pendidikan, baik formal maupun non formal. PPL juga berfungsi sebagai salah satu cara melatih mental mahasiswa didepan dan diluar kelas. Selain itu, PPL dapat menambah pengalaman dan wawasan dalam proses KBM, agar nantinya mahasiswa mempunyai bekal untuk terjun kedalam dunia pendidikan sebagai tenaga pendidik. Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan bekal mengajar secara operasional di sekolah, sehinggga mahasiswa tidak hanya belajar secara teoritis saja. Kegiatan PPL dilaksanakan di sekolah mulai tanggal 10 Agustus 2015 sampai 12 September 2015 di SMP N 2 WATES dapat bermanfaat bagi semua pihak, baik sekolah, perguruan tinggi, maupun mahasiswa. Kegiatan atau program PPL yang dilaksanakan antara lain; melaksanakan pembelajaran langsung di kelas, pembuatan perangkat pembelajaran, pembuatan media pembelajaran, serta pemberian tugas kepada peserta didik. Dalam kegiatan PPL di SMP N 2 WATES, penyusun mendapat kesempatan praktik mengajar mata pelajaran Tari Tunggal Nusantara di kelas VIII A, VIII B, VIII C, VIII D, dan VIII E. Mahasiswa melakukan praktek mengajar Tari Tunggal Nusantara setiap hari Rabu jam ke 1-2 untuk kelas VIII B, Rabu jam ke5-6 untuk kelas VIII E, Kamis jam ke 1-2 untuk kelas VIII A, dan Sabtu jam ke 1-2 untuk kelas VIII D dan hari Sabtu jam 3-4 untuk kelas VIII E. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, pengetahuan penerapan kurikulum baru, proses pembelajaran, pengolahan kelas, cara mengevaluasi hasil belajar, dan pengelolaan hasil belajar. Mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Pembelajaran, Peserta Didik
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Jun 2016 03:46
Last Modified: 01 Oct 2019 11:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34242

Actions (login required)

View Item View Item