Minat Guru Mengembangkan Sistem Informasi Penilaian Hasil Belajar Di Sekolah Menengah Kejuruan Rintisan Sekolah Bertaraf Iinternasional Bidang Keahlian Teknik Elektro Di Daerah Istimewa Yogyakarta

Rizka, Septyaningsih (2016) Minat Guru Mengembangkan Sistem Informasi Penilaian Hasil Belajar Di Sekolah Menengah Kejuruan Rintisan Sekolah Bertaraf Iinternasional Bidang Keahlian Teknik Elektro Di Daerah Istimewa Yogyakarta. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
rizka-septyaningsih-0850241028.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Minat Guru Mengembangkan Sistem Informasi Penilaian Hasil Belajar Di Sekolah Menengah Kejuruan Rintisan Sekolah Bertaraf Iinternasional Bidang Keahlian Teknik Elektro Di Daerah Istimewa Yogyakarta Oleh: Rizka Septyaningsih NIM. 08501241028 Sistem informasi penilaian hasil belajar sangat penting dalam dunia pendidikan, jadi sangat disayangkan apabila masih menggunakan penilaian manual yang kurang efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hubungan antara pemanfaatan komputer dengan minat guru SMK RSBI bidang keahlian ketenagalistrikan di DIY untuk mengembangkan sistem informasi penilaian hasil belajar siswa, 2) hubungan antara iklim sekolah dengan minat guru SMK RSBI bidang keahlian ketenagalistrikan di DIY untuk mengembangkan sistem informasi penilaian hasil belajar siswa Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Penelitian dilakukan di SMK RSBI di DIY, yaitu SMK N 2 Yogyakarta, SMK N 2 Depok, SMK N 2 Wonosari, dan SMK N 2 Pengasih. Sampel penelitian diambil dengan simple random sampling sebanyak 39 guru SMK RSBI Bidang Keahlian Ketenagalistrikan di D.I. Yogyakarta. Variabel dalam penelitian ini adalah pemanfaatan komputer dan iklim sekolah sebagai variabel bebas, serta minat guru mengembangkan sistem informasi penilaian hasil belajar sebagai variabel terikat. Pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Analisis regresi linear sederhana dan korelasi Kendall’s Tau dengan taraf signifikansi 5% digunakan untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pemanfaatan komputer tergolong baik, 2) iklim sekolah tergolong sangat baik, 3) minat guru tergolong sangat baik, 4) pemanfaatan komputer dan minat guru mempunyai hubungan yang siginifikan dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,347 dan persamaan regresi: Y = 49,558 + 0,424 X1, 5) Iklim sekolah dan minat guru memiliki hubungan yang signifikan dengan koefisien korelasi sebesar 0,544. Kata kunci: pemanfaatan komputer, iklim sekolah, minat guru

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 09 Jun 2016 03:47
Last Modified: 30 Jan 2019 09:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34241

Actions (login required)

View Item View Item