LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEKOLAH DASAR NEGERI 2 WATES KECAMATAN WATES KABUPATEN KULONPROGO

Sarah Atikah Tsamarah, Sarah Atikah Tsamarah (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEKOLAH DASAR NEGERI 2 WATES KECAMATAN WATES KABUPATEN KULONPROGO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
12108244008_SARAH ATIKAH TSAMARAH.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan/Magang III dilaksanakan guna memberikan kesempatan kepada mahasiswa UNY untuk meningkatkan kemampuannya dalam bidang pendidikan. PPL/Magang III ini dilaksanakan pada semester khusus tahun 2015, dari bulan Agustus sampai September. SD Negeri 2 Wates merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk oleh pihak UNY untuk menjadi salah satu lokasi PPL pada tahun 2015. Tujuan dari program PPL/Magang III ini adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah, atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan; memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan sekolah atau lembaga yang terkait dengan proses pembelajaran; dan meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam pembelajaran di sekolah, klub, atau lembaga pendidikan. Kegiatan yang dilakukan dalam PPL/Magang III ini adalah mengajar di kelas selama 1 bulan, dimulai dari tanggal dari tanggal 10 Agustus-12 September 2015. Sebelum kegiatan pembelajaran dilaksanakan di kelas, praktikan menyusun perangkat pembelajaran, yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), media pembelajaran, beserta kelengkapan pembelajaran lainnya.Setelah itu melakukan evaluasi dan tindak lanjut pembelajaran. Pelaksanaan PPL dilakukan pada kelas 1 sampai dengan kelas 6 dengan jumlah siswa 199 siswa yang terdiri dari 94 siswa laki-laki dan 105 siswa perempuan. Program kerja PPL/Magang III diawali dengan kegiatan observasi baik fisik maupun nonfisik yang meliputi perangkat pembelajaran, pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dan kondisi lembaga. Berdasarkan observasi, dilakukan perancangan perumusan program kerja meliputi PPDB, penyusunan perangkat persiapan pembelajaran, praktik mengajar terbimbing, menyusun dan mengembangkan alat evaluasi, menerapkan inovasi pembelajaran, mempelajari administrasi guru, pengembangan media, dan kegiatan lain yang menunjang kompetensi mengajar. Semua program kerja yang telah direncanakan dapat terlaksana sesuai dengan target yang diharapkan walaupun dalam pelaksanaannya terdapat beberapa hambatan. Hambatan tersebut diantaranya kesulitan dalam pengkondisian kelas yang diakibatkan oleh perbedaan individual yang dimiliki siswa menjadikan suasana pembelajaran kurang kondusif. Dari pelaksanaan kegiatan PPL/Magang III di SD Negeri 2 Wates, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan PPL/Magang III dapat mahasiswa dapat mengembangkan kompetensi mengajarnya sebagai calon pendidik atau tenaga kependidikan. Selain itu, melalui kegiatan PPL/Magang III dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh selama perkuliahan ke dalam pembelajaran di sekolah. Mahasiswa juga dapat memahami karakteristik peserta didik, menguasai bidang studi, menguasai metodologi pembelajaran yang mendidik, dan dapat mengembangkan kepribadian sebagai guru.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL/Magang III, SD Negeri 2 Wates, UNY
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Jun 2016 03:35
Last Modified: 01 Oct 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34232

Actions (login required)

View Item View Item