GAYA MENGAJAR GURU KELAS V DI SD NEGERI SAYIDAN YOGYAKARTA

Ariani, Trisna (2016) GAYA MENGAJAR GURU KELAS V DI SD NEGERI SAYIDAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Trisna Ariani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Keberhasilan belajar siswa dapat dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi hasil belajar siswa adalah metode atau gaya mengajar guru. Berdasarkan data dari Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta menunjukkan bahwa SD Negeri Sayidan pada tiga tahun ajaran menempati posisi sepuluh peringkat terbawah se Kota Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya mengajar guru dalam proses pembelajaran di kelas 5 Sekolah Dasar Negeri Sayidan Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitian guru kelas V, siswa kelas V, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data digunakan Triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) guru kelas V lebih banyak menggunakan gaya mengajar klasik yang terlihat dalam kegiatan pembelajaran, gaya mengajar teknologis diterapkan pada penggunaan media dalam kegiatan pembelajaran, gaya mengajar personalisasi tidak diterapkan dalam kegiatan pembelajaran dan gaya mengajar interaksional hanya terlihat di beberapa kegiatan pembelajaran saja. (2) kendala guru saat menerapkan gaya mengajar klasik terletak pada siswa yang kurang memperhatikan saat guru menyampaikan materi pelajaran, pada gaya mengajar teknologis kendala ada pada keberadaan internet yang kurang mendukung kegiatan pembelajaran serta kurang variasinya guru dalam menggunakan media, sedangkan pada gaya mengajar personalisasi dan interaksional kendala guru ada pada kondisi siswa yang pasif. (3) respon siswa terhadap gaya mengajar klasik dan teknologis sudah antusias, saat guru menerapkan gaya mengajar klasik dan teknologis siswa memperhatikan apa yang guru sampaikan sedangkan dengan gaya mengajar personalisasi dan interaksional respon siswa masih membutuhkan bimbingan sebab siswa sudah terbiasa dengan peran guru yang dominan dalam pembelajaran. Kata Kunci: gaya mengajar, guru, SDN Sayidan Yogyakarta

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 09 Jun 2016 03:42
Last Modified: 30 Jan 2019 09:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34230

Actions (login required)

View Item View Item