LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 10 AGUSTUS 2015 – 12 SEPTEMBER 2015 LOKASI SMP NEGERI 2 WATES BENDUNGAN, WATES, KULON PROGO

Arif Rohmawan, Arif Rohmawan (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 10 AGUSTUS 2015 – 12 SEPTEMBER 2015 LOKASI SMP NEGERI 2 WATES BENDUNGAN, WATES, KULON PROGO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL_ARIF ROHMAWAN_12205244039.pdf

Download (128MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh setiap mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta yang meliputi kemampuan pembuatan perangkat pembelajaran, praktik mengajar dan pengelolaan kelas serta evaluasi pembelajaran yang telah dilakukan. Ketika melakukan praktik mengajar di kelas, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu diantaranya observasi kelas yang bertujuan untuk mengetahui kondisi kelas baik siswa maupun lingkungan, silabus, RPP materi pembelajaran, media pembelajaran, dan perangkat kelas lain. Dalam melakukan praktik mengajar dikelas untuk mahasiswa diberikan kesempatan oleh guru pembimbing yaitu kelas VII C, VII D, VIII A, VIII B, dan VIII C dengan harapan mahasiswa memiliki pengalaman mengajar pada masing-masing kelas dengan karakteristik yang berbeda. Sehingga pengalaman dan wawasan yang diperoleh mahasiswa dalam dunia mengajar lebih luas. Pelaksanaan waktu praktik mengajar diambil dari jadwal mengajar guru pembimbing dengan alokasi waktu pembelajaran mata pelajaran Bahasa Jawa yaitu 1 jam x 40 menit. Hasil dari kegiatan PPL ini mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berupa kemampuan mengajar di dalam kelas, pengalaman pembuatan perangkat pembelajaran, pelaksanaan evaluasi pembelajaran , pengalaman mengelola kelas dengan karakteristik siswa yang berbeda, pengalaman menjalin komunikasi dengan bapak ibu guru serta karyawan sekolah. Selama kegiatan PPL berlangsung tidak terdapat berbagai kendala yang mengganggu jalannya proses PPL. Dalam pelaksanaan PPL, terdapat hal-hal yang perlu ditingkatkan demi keberlangsungan jelannya kegiatan PPL diantaranya sarana dan prasarana pembelajaran yang akan digunakan dalam proses pembelajaran perlu ditingkatkan baik kualitas maupun kuantitas, komunikasi dan informasi dari LPPMP perlu dimaksimalkan sehingga informasi bisa diterima dengan baik oleh mahasiswa. Berdasarkan pelaksanaan program PPL 2015 telah terlaksana dengan baik. Keberlangsungan pelaksanaan program PPL ini tidak lepas dari adanya kerjasama yang baik dari berbagai pihak baik LPPMP , bapak ibu guru dan karyawan SMPN 2 Wates, mahasiswa, dan siswa SMPN 2 Wates.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMPN 2 Wates, Pebelajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Jun 2016 03:35
Last Modified: 01 Oct 2019 11:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34229

Actions (login required)

View Item View Item