LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEKOLAH DASAR NEGERI 2 WATES KECAMATAN WATES KABUPATEN KULON PROGO

Reny Dwi Wahyuni, Reny Dwi Wahyuni (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEKOLAH DASAR NEGERI 2 WATES KECAMATAN WATES KABUPATEN KULON PROGO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
12108241093_RENY DWI WAHYUNI1.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kegiatan PPL dimaksudkan untuk memberikan pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah bagi mahasiswa. PPL dilaksanakan di SD Negeri 2 Wates selama 1 bulan dimulai tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015. Pelaksanaan PPL dilakukan pada kelas 1 sampai dengan kelas 5 dengan jumlah siswa 168 siswa yang terdiri dari 85 siswa laki-laki dan 83 siswa perempuan. Program kerja PPL diawali dengan kegiatan observasi baik fisik maupun nonfisik yang meliputi perangkat pembelajaran, pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dan kondisi sekolah. Berdasarkan observasi, dilakukan perancangan perumusan program kerja meliputi penyusunan perangkat persiapan pembelajaran, praktik mengajar terbimbing, menyusun dan mengembangkan alat evaluasi, menerapkan inovasi pembelajaran, mempelajari administrasi guru, pendampingan ekstrakurikuler, pengembangan media, dan kegiatan lain yang menunjang kompetensi mengajar. Semua program kerja yang telah direncanakan dapat terlaksana sesuai dengan target yang diharapkan walaupun dalam pelaksanaannya terdapat beberapa hambatan. Hambatan tersebut diantaranya kesulitan dalam pengkondisian kelas yang diakibatkan oleh perbedaan individual yang dimiliki siswa menjadikan suasana pembelajaran kurang kondusif. Berdasarkan pelaksanaan PPL di SD Negeri 2 Wates, mahasiswa dapat mengembangkan kompetensi mengajarnya sebagai calon pendidik atau tenaga kependidikan. Selain itu, melalui kegiatan PPL dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh selama perkuliahan ke dalam pembelajaran di sekolah. Mahasiswa juga dapat memahami karakteristik peserta didik, menguasai bidang studi, menguasai metodologi pembelajaran yang mendidik, dan dapat mengembangkan kepribadian sebagai guru.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Jun 2016 03:32
Last Modified: 01 Oct 2019 11:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34228

Actions (login required)

View Item View Item