Titin Indrawati, Titin Indrawati (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEKOLAH DASAR NEGERI 2 WATES KECAMATAN WATES KABUPATEN KULON PROGO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
12108241085-TITIN-INDRAWATI.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Program Praktik Pengalaman Lapangan/ Magang III dilaksanakan guna memberikan kesempatan kepada mahasiswa UNY untuk meningkatkan kemampuannya dalam bidang pendidikan. PPL/ Magang III ini dilaksanakan pada semester khusus tahun 2015, dari bulan Agustus sampai September. SD Negeri 2 Wates merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk oleh pihak UNY untuk menjadi salah satu lokasi PPL pada tahun 2015. Tujuan dari program PPL/ Magang III ini adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah, atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan; memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan sekolah atau lembaga yang terkait dengan proses pembelajaran; dan meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam pembelajaran di sekolah, klub, atau lembaga pendidikan. Kegiatan yang dilakukan dalam PPL/ Magang III ini adalah kegiatan mengajar dan non mengajar yang dilaksanakan selama 1 bulan, dimulai dari tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015. Program kerja PPL diawali dengan kegiatan observasi baik fisik maupun nonfisik yang meliputi perangkat pembelajaran, pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dan kondisi lembaga. Selanjutnya, setelah diadakan observasi maka dilakukan PPL terbimbing atau praktik mengajar terbimbing. Sebelum kegiatan pembelajaran dilaksanakan di kelas, praktikan menyusun perangkat pembelajaran, yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), media pembelajaran, serta kelengkapan pembelajaran lainnya. Setelah itu melakukan evaluasi dan tindak lanjut pembelajaran. Dalam pelaksanaannya terdapat beberapa hambatan yang dialami oleh mahasiswa. Hambatan tersebut diantaranya kesulitan dalam pengkondisian kelas rendah yang diakibatkan karena kedekatan siswa dan mahasiswa PPL. Dari pelaksanaan kegiatan PPL/ Magang III, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan PPL/ Magang III dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi sebagai guru kelas, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengenal segala permasalahan di sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, keterampilan, dan nilai sikap yang telah dipelajari dalam kehidupan nyata di sekolah.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 09 Jun 2016 03:29 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:53 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34227 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |