PENGARUH KEDISIPLINAN, KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XI TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMKN 1 SEDAYU

Aminudin, Aminudin (2016) PENGARUH KEDISIPLINAN, KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XI TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMKN 1 SEDAYU. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
AMINUDIN 09501241019.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

PENGARUH KEDISIPLINAN, KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XI TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMKN 1 SEDAYU Oleh: Aminudin 09501241019 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kedisiplinan, kemampuan komunikasi interpersonal, kecerdasan emosional dan kesiapan kerja siswa Kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMKN 1 Sedayu dan pengaruh kedisiplinan, kemampuan komunikasi interpersonal, dan kecerdasan emosional terhadap kesiapan kerja siswa Kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMKN 1 Sedayu. Penelitian ini merupakan penelitian Ex-post Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI dari Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik yang berjumlah 105 siswa. Data diambil menggunakan metode angket. Validitas instrumen angket dilakukan dengan analisis butir dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Pengujian hipotesis dengan regresi sederhana dan analisis jalur (path analysis), yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas, linieritas dan multikolinieritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) sebagian siswa memiliki kecenderungan kecerdasan emosional dalam kategori sangat tinggi dan sebagian besar siswa memiliki kecenderungan kedisiplinan, kemampuan komunikasi interpersonal, kesiapan kerja dalam kategori sangat tinggi, (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kedisiplinan terhadap kesiapan kerja sebesar 5,8%, (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kemampuan komunikasi interpersonal terhadap kesiapan kerja sebesar 28,5%, (4) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional terhadap kesiapan kerja sebesar 52,4%, (5) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kedisiplinan terhadap kecerdasan emosional sebesar 8,2%, (6) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kemampuan komunikasi interpersonal terhadap kecerdasan emosional sebesar 30,4%, (7) terdapat pengaruh mediasi kecerdasan emosional yang positif dan signifikan pada pengaruh kedisiplinan terhadap kesiapan kerja dengan koefisien analisis jalur sebesar 0,432, (8) terdapat pengaruh mediasi kecerdasan emosional yang positif dan signifikan pada pengaruh kemampuan komunikasi interpersonal terhadap kesiapan kerja dengan koefisien analisis jalur sebesar 0,543. Kata kunci : kecerdasan emosional, kedisiplinan, kemampuan komunikasi interpersonal, kesiapan kerja

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 09 Jun 2016 03:29
Last Modified: 30 Jan 2019 09:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34226

Actions (login required)

View Item View Item