IMPLEMENTASI PENILAIAN HASIL BELAJAR KURIKULUM 2013 PADA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK 2 SURAKARTA

Rizar, Abidin (2016) IMPLEMENTASI PENILAIAN HASIL BELAJAR KURIKULUM 2013 PADA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK 2 SURAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Rizar Abidin 10518241005.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

IMPLEMENTASI PENILAIAN HASIL BELAJAR KURIKULUM 2013 PADA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK 2 SURAKARTA Oleh : Rizar Abidin NIM 10518241005 ABSTRAK Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi penilaian hasil belajar kurikulum 2013 pada Program Keahlian Teknik Audio Video di SMK 2 Surakarta. Proses penilaian hasil belajar mengacu pada Permendikbud no. 66 tahun 2013. Aspek yang diteliti yaitu: (1) perencanaan penilaian hasil belajar kurikulum 2013, (2) pengembangan instrumen penilaian hasil belajar kurikulum 2013, (3) pelaksanaan penilaian hasil belajar kurikulum 2013, (4) pengolahan dan pemanfaatan penilaian hasil belajar kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian kebijakan. Sumber data penelitian adalah guru mata pelajaran produktif kelas X Program Keahlian Teknik Audio Video SMK 2 Surakarta yang berjumlah enam orang guru dan siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Audio Video sebanyak 75 siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan Kualitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Berdasarkan kuisioner guru perencanaan penilaian termasuk kategori sangat baik, dan berdasarkan kuisioner siswa termasuk kategori baik. Kesulitan terdapat pada perencanaan penilaian sikap. Penjelasan mengenai kompetensi dasar yang akan dinilai sulit dipahami oleh guru, (2) Berdasarkan kuisioner guru pengembangan instrumen penilaian termasuk kategori sangat baik. Pengembangan instrumen penilaian dilakukan dengan membuat kisi-kisi penilaian dan indikator pada silabus, tetapi terdapat beberapa guru yang mengembangkan instrumen penilaian tidak berdasarkan indikator, tidak melakukan analisis butir soal dan tidak membuat kisi-kisi penilaian, (3) Berdasarkan kuisoner guru pelaksanaan penilaian termasuk kategori sangat baik, dan berdasarkan kuisioner siswa termasuk kategori baik. Pelaksanaan penilaian sudah mencakup penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan, namun masih terdapat kekurangan. Kekurangan terdapat pada penilaian sikap, penilaian antar teman masih terkesan kurang objektif, (4) Berdasarkan kuisioner guru pengolahan dan pemanfaatan penilaian termasuk kategori sangat baik, dan berdasarkan kuisioner siswa termasuk kategori sangat baik. Pengolahan dan penskoran yang dilakukan sudah mengacu pada pedoman penilaian kurikulum 2013. Program remidial dilakukan dengan baik pada jam pembelajaran tersebut, hanya pada program pengayaan tidak dapat dilakukan karena kesulitan dalam mencari jam pengayaan diluar pembelajaran. Kata kunci: Implementasi, Kurikuum 2013, dan Penilaian

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 09 Jun 2016 03:32
Last Modified: 30 Jan 2019 09:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34225

Actions (login required)

View Item View Item