PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM SAINS ASPEK KIMIA SMP/MTs KELAS VIII BERDASARKAN KURIKULUM 2004

Enni , Elfrida (2010) PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM SAINS ASPEK KIMIA SMP/MTs KELAS VIII BERDASARKAN KURIKULUM 2004. S1 thesis, UNY.

[img] Text
PENGEMBANGAN_BUKU_PETUNJUK_PRAKTIKUM.docx

Download (11kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran di bidang pendidikan kimia yang bertujuan untuk menyusun dan mengembangkan buku petunjuk praktikum sains aspek kimia SMP/M"I's kelas VIII berclasarkan kurikulum 2004 serta untuk mengetahui kualitas buku petunjuk praktikum tersebut berdasarkan penilaian 5 orang guru sains aspek kimia SMP/MTs sesuai dengan kriteria kualitas buku petunjuk praktikum yang telah ditentukan. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan penilaian produk. Buku petunjuk praktikum yang disusun meliputi tiga materi pokok : Unsur, Senyawa dan Campuran; Pemisahan Campuran clan Perubahan Materi. Pengembangan buku petunjuk praktikum ini dibimbing oleh dosen pembimbing, ditinjau oleh peer reviewer dan ahli media serta dinilai oleh reviewer yaitu lima guru sains aspek kimia di Kodya Yogyakarta. Data yang diperoleh dari penilaian reviewer berupa data kualitatif selanjutnya diubah menjadi data kuantitatif dengan teknik analisis data deskriptiC Data kuantitatif tersebut ditabulasi dan dianalisis setiap materi pokok dan setiap aspek penilaian. Skor yang diperoleh selanjutnya dikonversi menjadi tingkat kelayakan produk secara kualitatil: Hasil penelitian ini berupa buku petunjuk praktikum sains aspek kimia SMP/M"I's kelas V111 berdasarkan kurikulum 2004 dengan skor rata-rata penilaian kualitas buku petunjuk praktikum untuk materi pokok 1, 11 clan III berturut-turut sebesar 98,2; 101,4 dan 103. Persentase keidealannya berturut-turut adalah 78,56 %; 81,12 % dan 82,40 %. Skor rata-rata buku petunjuk praktikum secara keseluruhan sebesar 100,87 dengan persen keidealan sebesar 80,696 %. Berdasarkan kriteria kategori penilaian ideal, buku petunjuk praktikum yang dikembangkan mempunyai kualitas sangat baik (SB) sehingga layak digunakan sebagai acuan dalam berpraktikum.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 08 Aug 2012 18:00
Last Modified: 08 Aug 2012 18:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3422

Actions (login required)

View Item View Item