PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR, KEBIASAAN BELAJAR, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PERAKITAN KOMPUTER SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN DI SMK MA’ARIF 1 WATES TAHUN AJARAN 2013/2014

Muslih, Achmad (2016) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR, KEBIASAAN BELAJAR, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PERAKITAN KOMPUTER SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN DI SMK MA’ARIF 1 WATES TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Achmad Muslih 09520244064.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR, KEBIASAAN BELAJAR, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PERAKITAN KOMPUTER SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN DI SMK MA’ARIF 1 WATES TAHUN AJARAN 2013/2014 Oleh: Achmad Muslih NIM 09520244064 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui gambaran faktor lingkungan belajar, kebiasaan belajar, dan motivasi belajar, (2) mengetahui besarnya pengaruh lingkungan belajar, kebiasaan belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar perakitan komputer siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan Di SMK Ma’arif 1 Wates. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan bersifat ex-post facto. Penelitian ini dilakukan di SMK Ma’arif 1 Wates Kelas X Program Keahlian Teknik Komputer Dan Jaringan. Populasi dan sekaligus sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas x program keahlian teknik komputer dan jaringan yang berjumlah 58 siswa. Data dikumpulkan menggunakan angket dan dokumentasi. Validasi isi dilakukan dengan expert judgment. Validasi konstruk dilakukan dengan analisis validitas dan analisis reliabilitas ditentukan dengan rumus alpha cronbach. Data dianalisis dengan analisis deskriptif, analisis regresi dan analisis jalur. Hasil Penelitian menunjukan bahwa: (1) Kecenderungan lingkungan belajar termasuk dalam kategori tinggi (rerata 52,5), kebiasaan belajar termasuk dalam kategori sedang (rerata 60,8), motivasi belajar termasuk dalam kategori sedang (rerata 55,7). (2) Hasil penelitian menunjukan bahwa dari ketiga variabel yang mempunyai pengaruh paling besar terhadap hasil belajar siswa yaitu lingkungan belajar (38,8%). Dikuti kebiasaan belajar (25,3%), diikuti motivasi belajar (23,3%). Besarnya sumbangan lingkungan belajar, kebiasaan belajar, dan motivasi belajar sebesar 54,9%, sedangkan sisanya 45,1% merupakan sumbangan dari variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci: lingkungan belajar, kebiasaan belajar, motivasi belajar dan hasil belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 09 Jun 2016 03:13
Last Modified: 30 Jan 2019 09:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34219

Actions (login required)

View Item View Item