LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL) DI SMP N 1 WATES Alamat : Jl. Terbah No. 6, Kulon Progo. DI Yogyakarta, Kode Pos 55611

Hendrawan Sih Nugroho, Hendrawan Sih Nugroho (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL) DI SMP N 1 WATES Alamat : Jl. Terbah No. 6, Kulon Progo. DI Yogyakarta, Kode Pos 55611. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
6. HENDRAWAN SIH NUGROHO.PDF

Download (54MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan pengembangan dari IKIP Yogyakarta. Di mana dalam pengembangannya masih tetap mempertahankan dan terus mengembangkan salah satu fungsinya yaitu untuk mempersiapkan serta menghasilkan guru atau tenaga kependidikan lainnya yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan sehingga menjelama menjadi tenaga professional pendidikan. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka UNY memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa dalam serangkaian mata kuliah yang salah satunya adalah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). PPL ini bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar. Dengan adanya PPL ini diharapkan dapat menjadi bekal bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri sebagai tenaga keguruan yang professional sehingga memiliki sikap, nilai, keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan dalam profesinya. Kegiatan atau program PPL dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015. Sebelum kegiatan dilaksanakan, terlebih dahulu diawali dengan berbagai kegiatan persiapan, di antaranya pengajaran mikro, pembekalan, dan observasi. Program utama individu adalah program yang penulis rencanakan dan laksanakan secara individu untuk peningkatan sumber daya warga sekolah. Program utama individu adalah membuat perangkat pembelajaran berupa RPP, praktik mengajar, menyusun administrasi mengajar, dan penyusunan evaluasi pembelajaran. Sedangkan program penunjang adalah membuat media pembelajaran. Setiap kegiatan yang dilakukan tidak sepenuhnya berjalan lancar, terdapat berbagai hambatan dalam kegiatan PPL. Hambatan dalam kegiatan PPL antara lain: masih sulitnya siswa dalam membaca not balok dan ritmis Untuk itu, praktikan selalu berkonsultasi dengan guru pembimbing dan mencari solusi untuk mengatasi hambatan-hambatan selama kegiatan PPL.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: UNY, PPL, SMPN 1 Wates, mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Jun 2016 03:08
Last Modified: 01 Oct 2019 11:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34218

Actions (login required)

View Item View Item