LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMPN NEGERI 2 WATES

APRIYANI, APRIYANI (2015) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMPN NEGERI 2 WATES. Laporan PPL.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Isi (Bab I-III) apri.pdf

Download (205kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan agenda rutinan yang dilakuka oleh setiap mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta yang meliputi kemampuan pembuatan perangkat pembelajara, praktik mengajar dan pengelolaan kelas serta evaluasi pembelajaran yang telah dilakukan. Dalam melakukan praktik mengajar di kelas, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu diantaranya observasi kelas yang bertujuan untuk mengetahui kondisi kelas baik siswa maupun lingkungan, silabus, RPP materi pembelajaran, media pembelajaran dan lain-lain. Dalam melakukan praktik mengajar dikelas untuk mahasiswa diberikan kesempatan oleh guru pembimbing yaitu kelas VIII A, VIII B, VIII C, VIII D dan VIII E dengan harapan mahasiswa memiliki pengalaman mengajar masing-masing kelas dengan kondisi siswa yang berbeda karakter. Sehingga pengalaman dan wawasan yang diperoleh mahasiswa dalam dunia mengajar lebih luas. Pelaksanaan waktu praktik mengajar diambil dari jadwal mengajar guru pembimbing dengan alokasi waktu pembelajaran mata pelajaran IPA yaitu 1 jam x 40 menit. Namun, karena situasi sedang bulan puasa alokasi waktu pembelajaran menjadi 1 jam x 30 menit. Hasil dari kegiatan PPL ini mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berupa kemampuan mengajar didalam kelas, pengalaman pembuatan perangkat pembelajaran, pengalaman pelaksanaan evaluasi pembelajaran, pengalaman mengelola kelas dengan karakter siswa yang berbeda, pengalaman menjalin komunikasi dengan pihak-pihak yang terkait misalnya dengan bapak/ibu guru serta karyawan sekolah. Selama kegiatan PPL berlangsung, tidak ada kendala-kendala yang berarti. Dalam pelaksanaan PPL, ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan demi keberlangsungan jalannya kegiatan PPL diantaranya sarana dan prasarana pembelajaran yang akan digunakan dalam kegiatan mengajar perlu ditambahkan baik kualitas maupun kuantitas, alat-alat praktikum perlu ditambahkan agar tujuan dari pembelajaran bisa terpenuhi dengan baik. Komunikasi atau informasi dari LPPMP perlu dimaksimalkan lagi sehingga informasi bisa sampai dengan baik ke mahasiswa. Berdasarkan hasil pelaksanaan, program PPL 2013 telah terlaksana dengan baik. Keberlangsungan pelaksanaan program PPL ini tidak lepas dari adanya kerjasama dari berbagai pihak baik LPPMP, sekolah, mahasiswa, maupun sisa SMPN 2 Wates.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: PPL, SMPN 2 Wates, Pembelajaran.
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 09 Jun 2016 03:19
Last Modified: 09 Jun 2016 03:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34214

Actions (login required)

View Item View Item