LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP N 1 WATES

Biyan Munita Dewi, Biyan Munita Dewi (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP N 1 WATES. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. BIYAN MUNITA DEWI_12315244007.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk membekali mahasiswa agar memiliki kemampuan berupa ketrampilan dalam bidang pembelajaran dan manajerial sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Selain itu, Praktik Pengalaman Lapangan juga bertujuan untuk memberi pengalaman kepada mahasiswa dalam menguasai kemampuan keguruan atau keahlian lainnya, sehingga dapat membangun tugas dan tanggung jawab secara professional. Praktik pengalaman lapangan ini berlangsung selama kurang lebih satu bulan atau lima minggu, mulai 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015 di SMP Negeri 1 Wates. Pelaksanaan kegiatan PPL secara umum meliputi tiga tahapan yaitu, tahap persiapan, pelaksanaan, penyusunan laporan dan evaluasi. Tahap persiapan meliputi pembekalan PPL yang dilaksanakan di kampus UNY sebelum penerjunan ke lapangan. Tahapan pelaksanaan PPL meliputi tahap observasi potensi pengembangan sekolah yang meliputi observasi kkegiatan pembelajaran dan observasi fisik sekolah, identifikasi dan inventarisasi permasalahan, penyusunan rancangan program, pengajuan proposal dan pelaksanaan program. Pelaksanaan PPL di SMP N 1 Wates meliputi program pembuatan administrasi guru, pemetaan KI dan KD, pembuatan RPP, pembuatan Soal evaluasi, analisis penilaian, administrasi dan pengelolan laboratorium IPA, dan konsultasi pembimbing. Setelah pelaksanaan peserta PPL wajib menyusun laporan yang kemudian akan dievaluasi oleh sekolah dan DPL PPL. Kegiatan PPL berlangsung lancar yang mulai dari persiapan, pelaksanaan, sampai evaluasi. PPL ini selain menjadi wahana untuk pelatihan dan pembelajaran bagi mahasiswa, juga menjadi sebuah usaha Universitas Negeri Yogyakarta untuk turut berkotribusi dalam mentransformasikan nilai-nilai kependidikan kepada sekolah yang bersangkutan, serta menambah wawasan dan pengalaman bagi mahasiswa serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menemukan permasalahan aktual seputar kegiatan belajar mengajar di lokasi tempat PPL dan solusi pemecahan masalah. Di sisi lain, harapannya adalah Mahasiswa PPL tidak hanya mentransfer ilmu pengetahuan tetapi juga mentransfer nilai moral baik dalam tingkah laku maupun tutur kata dalam bekerja dalam suatu lembaga/instansi sekolah. Oleh karena itu, program yang masih memerlukan tindak lanjut dapat dilaksanakan oleh peserta PPL periode berikutnya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMPN 1 Wates
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Jun 2016 02:57
Last Modified: 01 Oct 2019 11:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34213

Actions (login required)

View Item View Item