LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 2 WONOSARI Jl. KH. AgusSalim No. 17, Ledoksari, Kepek, Yogyakarta 55813Telp (0274) 391019, 392454

Sukarman, Sukarman (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 2 WONOSARI Jl. KH. AgusSalim No. 17, Ledoksari, Kepek, Yogyakarta 55813Telp (0274) 391019, 392454. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
7. LAPORAN PPL_SUKARMAN (12505241014).pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa S1, dengan program studi kependidikan. Pelaksanaan program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini memiliki misi untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan (calon guru) yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan ketrampilan pedagogik yang profesional. Tempat yang menjadi lokasi pelaksanaan PPL UNY 2015 adalah SMK Negeri 2 Wonosari, yang beralamat di Jln. K.H. Agus Salim No.17, Ledoksari, Kepek, Wonosari, Gunung kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Berdasarkan Kegiatan selama PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan dan pelaksanaan. Kegiatan persiapan dimulai dengan observasi pembelajaran, konsultasi guru pembimbing dan mempersiapkan perangkat pembelajaran berupa RPP, silabus, modul, buku kerja guru dan media pembelajaran. Selama kegiatan PPL, praktikan melakukan praktik mengajar mandiri dan terbimbing di 3 kelas meliputi: kelas X AB dan X SB dengan mata pelajaran Gambar Teknik Dasar I, serta kelas XI TS dengan mata pelajaran Konstruksi Beton Bertulang. Dari keseluruhan praktik mengajar praktikan melakukan praktik mengajar sebanyak 8 kali. Selama PPL, praktikan juga menyusun program- program agar pelaksanaan PPL berjalan dengan lancar dan sesuai rencana. Mahasiswa mendapat pengalaman selama berkegiatan PPL di SMK Negeri 2 Wonosari dalam belajar bertindak sebagai seorang guru dimulai dari persiapan sampai dengan pengelolaan kelas. Penulis menghimbau SMK Negeri 2 Wonosari untuk menambah sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan proses belajar mengajar. Selain itu, penulis juga menyarankan pada guru pembimbing untuk meningkatkan kualitas bimbingannya terhadap mahasiswa PPL sehingga setelah melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan mahasiswa benar-benar siap menjadi tenaga pendidik sesuai dengan tuntutan tenaga pendidik yang sebenarnya dalam hal profesionalime.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Gambar Teknik Dasar I, Konstruksi Beton Bertulang, SMK Negeri 2 Wonosari
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Jun 2016 02:42
Last Modified: 01 Oct 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34202

Actions (login required)

View Item View Item