LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 2 WONOSARI Jl. KH. Agus Salim No. 17, Ledoksari, Kepek, Yogyakarta 55813Telp (0274) 391019, 392454

Agung Krisna A., Agung Krisna A. (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 2 WONOSARI Jl. KH. Agus Salim No. 17, Ledoksari, Kepek, Yogyakarta 55813Telp (0274) 391019, 392454. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL_AGUNG KRISNA ARDINUGRAHA (12505244008).pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu program yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa S1 Universitas Negeri Yogyakarta, dengan program studi kependidikan. Pelaksanaan program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon tenaga kependidikan.Tempat yang menjadi lokasi pelaksanaan PPL UNY 2015 adalah SMK Negeri 2 Wonosari, yang beralamat di Jln. K.H. Agus Salim No.17, Ledoksari, Kepek, Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta. Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan dan pelaksanaan. Kegiatan persiapan dimulai dengan pembekalan PPL, pengajaran micro teaching, observasi pembelajaran, konsultasi guru pembimbing dan mempersiapkan perangkat pembelajaran berupa RPP, silabus, materi, buku kerja guru dan media pembelajaran. Pelaksanaan mengajar harus disertai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang sesuai dengan kurikulum yang digunakan oleh sekolah yaitu kurikulum 2013. Selama kegiatan PPL, praktikan melakukan praktik mengajar mandiri dan terbimbing di 2 kelas meliputi: kelas XI AA1 dan XI AA2 dengan mata pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan, serta pendampingan mengajar kelas XI TS dengan mata pelajaran Praktek Konstruksi Batu. Dari keseluruhan praktik mengajar praktikan melakukan praktik mengajar sebanyak 5 kali dan pendampingan mengajar 4 kali. Selama PPL, praktikan juga menyusun program- program agar pelaksanaan PPL berjalan dengan lancar. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan sarana untuk melatih mahasiswa sebagai calon pendidik agar memiliki nilai, sikap, pengalaman dan keterampilan profesional dalam proses pembelajaran. Penulis menghimbau SMK N 2 Wonosari untuk meningkatkan sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan proses belajar mengajar terutama peralatan praktikum sehingga memudahkan guru mengajar dan membantu pemahaman peserta didik. Selain itu, penulis juga menyarankan pada pihak sekolah agar meningkatkan secara terus menerus manajemen pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) baik guru dan karyawan agar berperan lebih maksimal sesuai dengan kompetensinya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, PPL,Micro teaching, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Gambar Konstruksi Bangunan, Praktek Konstruksi Batu, SMK Negeri 2 Wonosari
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Jun 2016 02:34
Last Modified: 01 Oct 2019 11:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34199

Actions (login required)

View Item View Item