KESIAPAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DAN SARANA PRASARANA KOMPETENSI DASAR MEMAHAMI DAN MEMELIHARA SISTEM TRANSMISI OTOMATIS, SISTEM ABS, DAN SISTEM EPS DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 SMK JURUSAN TKR SE DIY

YAHYA, ACHMAD SATRIA (2016) KESIAPAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DAN SARANA PRASARANA KOMPETENSI DASAR MEMAHAMI DAN MEMELIHARA SISTEM TRANSMISI OTOMATIS, SISTEM ABS, DAN SISTEM EPS DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 SMK JURUSAN TKR SE DIY. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Yahya Achmad Satria_11504244025_TAS.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

KESIAPAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DAN SARANA PRASARANA KOMPETENSI DASAR MEMAHAMI DAN MEMELIHARA SISTEM TRANSMISI OTOMATIS, SISTEM ABS, DAN SISTEM EPS DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 SMK JURUSAN TKR SE DIY YAHYA ACHMAD SATRIA NIM. 11504244025 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan SMK jurusan TKR menghadapi kompetensi dasar sistem transmisi otomatis, sistem ABS, dan sistem EPS dalam implementasi kurikulum 2013 SMK se DIY yang meliputi perangkat pembelajaran, dan sarana prasarana penunjang kegiatan pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subyek penelitian adalah guru produktif Jurusan TKR SMK se DIY yang berjumlah 9 (sembilan) orang dan sarana prasarana yang digunakan sebagai penunjang proses pembelajaran. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan observasi. Uji validitas instrumen dilakukan melalui penilaian para ahli ( Expert Judgement) untuk mendapatakan validasi isi. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa : (1) perangkat pembelajaran yang disusun guru termasuk dalam kategori cukup baik (rerata pencapaian skor : 1,95). Hasil tersebut menunjukkan perangkat pembelajaran yang disusun oleh guru sudah sesuai dengan aturan kurikulum 2013. (2) Kesiapan sarana prasarana bengkel praktik termasuk dalam kategori cukup baik (rerata pencapaian skor 2,36). Kesiapan sarana praktik sistem transmisi otomatis dikategorikan baik (rerata pencapaian skor 3,0), sedangkan sarana praktik sistem ABS dan EPS dikategorikan kurang (rerata pencapaian skor 0,0). Hasil tersebut menunjukkan kesiapan sarana prasarana jurusan TKR pada kompetensi dasar sistem transmisi otomatis, sistem ABS, dan sistem EPS tidak sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Kata kunci : Kesiapan TKR, Sistem Transmisi Otomatis, ABS, dan EPS, Kurikulum 2013, .

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 09 Jun 2016 01:59
Last Modified: 30 Jan 2019 09:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34191

Actions (login required)

View Item View Item