PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERAKITAN PC BERBASIS MULTIMEDIA KELAS X PROGAM KEAHLIAN TKJ SMK

Cendhy, Santosa Putra (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERAKITAN PC BERBASIS MULTIMEDIA KELAS X PROGAM KEAHLIAN TKJ SMK. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_CENDHY_08520241013.PDF

Download (1MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERAKITAN PC BERBASIS MULTIMEDIA KELAS X PROGAM KEAHLIAN TKJ SMK Oleh Cendhy Santosa Putra NIM 08520241013 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan media pembelajaran perakitan PC berbasis macromedia flash bagi siswa SMK dan mengetahui kelayakan hasil pengembangan media pembelajaran perakitan PC berbasis macromedia flash bagi siswa SMK yang ditinjau dari aspek materi dan media. Model penelitian yang digunakan adalah pendekatan Research and Development (R & D). Dalam penelitian ini produk yang dikembangkan berupa software media pembelajaran dalam bentuk Compact Disc (CD) untuk SMK dengan materi perakitan PC. Obyek dalam penelitian ini adalah media pembelajaran menggunakan macromedia flash, subyek dalam penelitian ini adalah siswa SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Mengetahui kelayakan produk media pembelajaran maka dilakukan pengujian validitas dengan mengadopsi pendapat dari beberapa ahli (expert judgement). Tahapan analisis data dengan melihat bobot tiap tanggapan atas tiap pernyataan, selanjutnya dilakukan perhitungan persentase skor. Skor akhir yang diperoleh kemudian dikonversi lagi menjadi tingkat kelayakan modul pembelajaran secara kualitatif. Pengembangan media pembelajaran berbasis macromedia flash disusun sesuai dengan pedoman pembuatan media melalui enam langkah yaitu potensi dan masalah yang terdiri dari kegiatan studi lapangan dan kajian studi pustaka, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain dan produk akhir. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa secara garis besar media pembelajaran berbasis macromedia flash mata pelajaran perakitan PC layak digunakan sebagai media pembelajaran. Validasi dari ahli materi berupa penilaian dan saran perbaikan yang diperlukan agar aspek materi dari produk yang dikembangkan layak. Penilaian ahli materi memberikan penilaian bahwa media yang dihasilkan sangat layak. Kemudian validasi ahli media diperoleh dengan cara memberikan koesioner yang berisi tentang aspek-aspek tampilan disertai dengan hasil dari pengujian terhadap kualitas dari multimedia pembelajaran ini menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran perakitan PC berbasis multimedia ini berkualitas tinggi sebagai salah satu media pembelajaran.Hasil yang diuji oleh ahli media adalah 3,78 dengan kategori baik dan hasil yang diuji oleh ahli materi adalah 4,1 dengan kategori baik. Rata-rata yang diperoleh pada semua area penilaian adalah 4,28 pada uji coba produk awal dan 3.96 pada uji coba lapangan. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Macromedia Flash, Perakitan PC

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 09 Jun 2016 01:59
Last Modified: 30 Jan 2019 09:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34188

Actions (login required)

View Item View Item