PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF GUIDED NOTE TAKING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN LISTRIK OTOMOTIF KELAS XI TKR DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA

Lalu, Muhamad Ary Madya (2016) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF GUIDED NOTE TAKING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN LISTRIK OTOMOTIF KELAS XI TKR DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Skripsi_11504241009_Lalu Muh. Ary Madya_Penerapan Metode Pembelajaran.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF GUIDED NOTE TAKING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN LISTRIK OTOMOTIF KELAS XI TKR DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA Lalu Muhamad Ary Madya 11504241009 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan metode pembelajaran kooperatif guided note taking dan mengetahui aktivitas belajar siswa pada saat penggunaan metode ini pada mata pelajaran Listrik otomotif dengan kompetensi dasar memahami sistem starter. Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus yang terdiri dari empat fase di setiap siklusnya yaitu rencana, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan bersama 1 orang kolaborator yakni guru yang mengampu mata pelajaran listrik otomotif dan 2 orang observer dengan subyek penelitian siswa kelas XI teknik kendaraan ringan 3 di SMK Negeri 3 Yogyakarta yang berjumlah 31 orang. Tindakan yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif guided note taking. Guru menjelaskan materi sementara siswa memperhatikan penjelasan, selanjutnya guru mengadakan diskusi kelompok disertai dengan pengisian point-point yang di kosongkan pada handout dan diakhiri dengan proses evaluasi belajar. Teknik pengumpulan data kemampuan kognitif siswa dilakukan melalui tes yang berupa tes pilihan ganda dan tes essay. Sedangkan aktivitas belajar siswa melalui lembar observasi aktivitas belajar siswa. data hasil belajar siswa dianalisis dengan deskriptif kuantitatif untuk mengetahui ketercapaian nilai KKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran kooperatif guided note taking dapat meningkatkan hasil belajar siswa. pada pra tindakan diperoleh 3 (10.71%) siswa yang mampu mencapai KKM, pada siklus I diperoleh 18 (64.29%) siswa yang mencapai KKM dan pada siklus II diperoleh 25 (86.21%) siswa yang mencapai KKM. Aktivitas belajar siswa pada pra tindakan diperoleh presentase sebesar 59.08%. pada siklus I diperoleh 70.04% sementara pada siklus II diperoleh presentase sebesar 83.98%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif Guided Note Taking mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TKR-3 SMK Negeri 3 Yogyakarta pada mata pelajaran Listrik Otomotif dengan kompetensi dasar memahami sistem starter . Kata Kunci : Guided note Taking, Hasil belajar, sistem starter

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 09 Jun 2016 01:59
Last Modified: 30 Jan 2019 09:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34187

Actions (login required)

View Item View Item