Kepuasan Pengunjung terhadap Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Rumah Makan di Pantai Drini Kabupaten Gunungkidul

Ibnu, Al Taufiq (2016) Kepuasan Pengunjung terhadap Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Rumah Makan di Pantai Drini Kabupaten Gunungkidul. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI IBNU AL TAUFIQ.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kepuasan Pengunjung terhadap Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Rumah Makan di Pantai Drini Kabupaten Gunungkidul Oleh: Ibnu Al Taufiq NIM. 13511247007 ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kepuasan pengunjung terhadap fasilitas dan kualitas pelayanan rumah makan di pantai Drini. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Teknik sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden dari rumah makan yang ada, dimana setiap pengunjung rumah makan diambil 5 responden dari ± 20 rumah makan yang ada di pantai Drini sebagai subyek yang diteliti. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner (angket), observasi dan studi kepustakaan. Analisis data menggunakan metode Importance – Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan tingkat kenyataan lebih rendah jika dibandingkan tingkat harapan sehingga secara keseluruhan pengunjung merasa tidak puas dengan fasilitas dan kualitas pelayanan rumah makan yang ada di pantai Drini. Berdasarkan hasil diagram kartesius fasilitas rumah makan, item yang masuk dalam prioritas utama perlu diperbaiki agar kepuasan pengunjung pada kategori tersebut dapat meningkat. Dalam kategori kualitas pelayanan, pengunjung mempermasalahkan hal yang berkaitan dengan kecepatan pelayanan, kesiapan melayani, perhatian terhadap keluhan pelanggan, informasi menu yang ditawarkan, dan kebersihan area/ lokasi tempat makan. Berdasarkan hal tersebut maka pengelola rumah makan perlu meningkatkan fasilitas dan kualitas pelayanan rumah makan yang ada di pantai Drini. Kata Kunci: Kepuasan, Fasilitas, Kualitas pelayanan, pantai Drini.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 09 Jun 2016 01:59
Last Modified: 30 Jan 2019 09:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34186

Actions (login required)

View Item View Item