EVALUASI PROGRAM PRAKTIK KERJA INDUSTRI PADA BIDANG KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK SWASTA SE-KABUPATEN SLEMAN

Sadewa, Aji Waskitha (2016) EVALUASI PROGRAM PRAKTIK KERJA INDUSTRI PADA BIDANG KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK SWASTA SE-KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
sadewa aji p.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

EVALUASI PROGRAM PRAKTIK KERJA INDUSTRI PADA BIDANG KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK SWASTA SE-KABUPATEN SLEMAN Oleh: Sadewa Aji Waskitha NIM.11501241027 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program Praktik Kerja Industri. Evaluasi ini terdiri dari: (1) evaluasi masukan meliputi: (a) kesiapan siswa, (b) proses pembelajaran produktif, (c) sarana dan prasarana; (2) evaluasi proses meliputi: (a) kinerja guru pembimbing, (b) kinerja siswa; (3) evaluasi hasil: kesiapan kerja siswa; (4) mengidentifikasi kendala yang dirasakan siswa saat pelaksanaan Praktik Kerja Industri. Penelitian ini termasuk jenis penelitian evaluasi program dengan model Stake. Penelitian ini dilakukan di SMK Nasional Berbah, SMK Muhammadiyah Minggir dan SMK Hamong Putera 2 Pakem pada bidang keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Subyek penelitian ini sebanyak 44 orang siswa yang terdiri dari 12 siswa SMK Nasional Berbah, 10 siswa SMK Muhammadiyah Minggir dan 22 siswa SMK Hamong Putera 2 Pakem. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi dan angket. Uji validitas instrumen dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Reliabilitas instrumen dianalisis dengan menggunakan metode belah dua (split-half method) atau disebut dengan formula Spearman Brown. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program Praktik Kerja Industri pada bidang keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Sawasta seKabupaten Sleman secara umum dikategorikan baik. Hasil penelitian tersebut yaitu (1) kesiapan pelaksanaan Praktik Kerja Industri pada aspek masukan dalam kategori baik (139,09 dari skor tertinggi ideal 176), (2) pelaksanaan Praktik Kerja Industri pada aspek proses dalam kategori sangat baik (143 dari skor tertinggi ideal 176), (3) hasil dari pelaksanaan Praktik Kerja Industri pada aspek hasil dalam kategori sangat baik (147,39 dari skor tertinggi ideal 176), (4) kendala yang dirasakan siswa: (a) tidak mendapatkan uang makan, (b) kurang pembekalan dari sekolah, (c) kurang menerapkan K3, (d) instruktur kurang bersahabat, (e) pemantauan dari sekolah kurang. Kata Kunci: Evaluasi, Program prakerin, SMK

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 09 Jun 2016 01:44
Last Modified: 30 Jan 2019 09:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34184

Actions (login required)

View Item View Item