PENGEMBANGAN MODUL PEMBUATAN CELANA PRIA PADA MATA PELAJARAN BUSANA PRIA SISWA KELAS XI DI SMK MA’ARIF 2 PIYUNGAN

Nanik, Novi Kayati (2016) PENGEMBANGAN MODUL PEMBUATAN CELANA PRIA PADA MATA PELAJARAN BUSANA PRIA SISWA KELAS XI DI SMK MA’ARIF 2 PIYUNGAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Nanik N K.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MODUL PEMBUATAN CELANA PRIA PADA MATA PELAJARAN BUSANA PRIA SISWA KELAS XI DI SMK MA’ARIF 2 PIYUNGAN Oleh Nanik Novi Kayati NIM. 09513244032 Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan modul pembuatan celana pria pada mata pelajaran busana pria siswa kelas XI di SMK Ma’arif 2 Piyungan,dan (2)mengetahui kelayakan modul pembuatan celana pria sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran busana pria di SMK Ma’arif 2 Piyungan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) .Subjek dalam penelitian ini adalah siswa tata busana kelas XI di SMK Ma’arif 2Piyungan sebanyak 25 siswa.Jenis instrumen yang digunakan pada penelitian pengembangan modul pembuatan celana priaberupa kuesioner atau angket lembar penilaian untuk validator ahli materi, validator ahli media, dan siswa yang digunakan untuk menggali data sesuai dengan tujuan dari peneliti.Validitas instrument dihitung dengan menggunakan rumus korelasi product moment dengan nilai r tabel sebesar 0,300 dan reliabilitas menggunakan rumus Alpha Croncbach nilai koefisien reliabilitas modul pembelajaran sebesar 0,997 lebih besar dari 0,600. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: (1) media pembelajaran pembuatan celana pria dikembangkan dengan menggunakan metode pengembangan dari Borg and Gall dengan modifikasi. Terdapat sembilan tahapan dalam modul pembelajaran pembuatan celana pria dalam penelitian ini yaitu analisis kebutuhan, pengumpulan informasi, rancangan modul pembuatan celana pria, penyusunan modul pembuatan celana pria, validasi ahli materi dan ahli media, penilaian kelayakan modul, produk modul, uji kelompok kecil, dan uji kelayakan peserta didik, dan (2) penilaian tingkat kelayakan modul pembelajaran pembuatan celana pria secara keseluruhan dinyatakan layak oleh ahli media dan ahli materi. Penilaian siswa didapatkan penilaian yang sangat layak dengan persentase skor setiap aspek antara lain a) aspek fungsi manfaat modul berada pada kategori sangat layak sebesar 85,0%, b) aspek tampilan modul berada pada kategori sangat layak dan layak sebesar 50,0%, c) aspek format modul berada pada kategori layak sebesar 80,0%, d) aspek isi/materi modul berada pada kategori layak sebesar 70,0%; dan e) aspek penilaian modul secara keseluruhan berada pada kategori layak sebesar 60,0%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran dapat digunakan sebagai media pembelajaran baik digunakan oleh guru sebagai pegangan dalam mengajar maupun bagi siswa dalam belajar.Selain itu, modul pembelajaran dapat digunakan sebagai media pengayaan untuk menambah wawasan dalam kompetensi dasar pembuatan celana pria. Kata kunci: Pengembangan, Modul,dan Celana Pria

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 09 Jun 2016 01:37
Last Modified: 30 Jan 2019 09:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34180

Actions (login required)

View Item View Item