PELATIHAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN PADA GURU GURU SMP KETERAMPILAN SE-KOTA YOGYAKARTA

Martono, M. Pd. PELATIHAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN PADA GURU GURU SMP KETERAMPILAN SE-KOTA YOGYAKARTA. INOTEK.

[img] Text
ARTIKEL_PEMB._KETER_SMP.doc

Download (1MB)

Abstract

Abstrak Pelatihan ini diawali dari permasalah lemahnya kompetensi guru dalam mengembangkan desain kerajinan dan strategi pembelajaran keterampilan kepada peserta didik. Dari permasalahan itu para guru minta pelatihan pembelajaran keterampilan untuk mengembangkan wawasan desain, strategi pembelajaran, dan karya seni sebagai karya ilmiah. Pelatihan ini bertujuan untuk mengembangkan wawasan dan keterampilan pembuatan desain kerajinan dengan memanfaatkan berbagai bahan dan teknik pembentukan dan cara pembelajarannya kepada peserta didik. Mengetahui hasil karya kerajinan yang dibuat guru-guru keterampilan kerajinan SMP se-Kota Yogyakarta. Memberikan wawasan kepada para guru keterampilan dalam mendeskripsikan karya seni sebagai karya ilmiah. Metode pelatihan yang digunakan adalah presentasi untuk menyampaikan wawasan pengembangan desain kerajinan, strategi pembelajaran keterampilan, dan deskripsi karya seni sebagai karya ilmiah. Metode demontrasi untuk menjelaskan cara pembuatan produk kerajinan dari bahan gip dengan cetak. Metode presentasi oleh peserta untuk mempertanggungjawabkan hasil karya kerajinan, strategi pembelajaran kerajinan yang diterapkan di sekolah, dan presentasi deskripsi karya kerajinan sebagai karya ilmiah. Para guru peserta dapat mengikuti program pelatihan dengan baik dan dapat memahami materi yang disampaikan oleh tim. Guru dapat membuat karya kerajinan dengan baik dan dapat menerapkan dalam pembelajaran menggunakan metode sesuai pilihan guru di sekolah dengan baik. Kebanyakan mereka lemah dalam pengembangan desain kerajinan yang dikemas untuk kebutuhan materi pembelajaran untuk digunakan peserta didik sesuai dengan perkembangan anak. Karya kerajinan yang dibuat guru dapat sebagai media pembelajaran berkarya dan sekaligus sebagai karya seni dan karya ilmiah. Guru menerapkan metode pembelajaran dengan metode mengamati, meniru, dan mengembangkan untuk berkarya kerajinan. Pemberian contoh dengan model sebagai media pembelajaran bukan semata untuk ditiru tetapi untuk memotivasi anak dalam berkarya. Guru membuat deskripsi karya seni kerajinan sebagai karya ilmiah hasilnya cukup baik. Deskripsi karya kerajinan digunakan untuk mengembangkan kompetensi dan peningkatan kerier pangkat dan jabatan guru di masa yang akan datang. Kata kunci: Pembelajaran keterampilan Kerajinan

Item Type: Article
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Date Deposited: 08 Aug 2012 04:37
Last Modified: 02 Oct 2019 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3418

Actions (login required)

View Item View Item