M Ali Abdillah, M Ali Abdillah (2015) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 2 WONOSARI Jl. KH. Agus Salim No. 17, Ledoksari, Kepek,Yogyakarta 55813Telp (0274) 391019, 392454. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
1 COVER.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
2 PENGESAHAN.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text
3 ABSTRAK.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
4 KATA PENGANTAR FIKS.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
5 DAFTAR ISI FIKS.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
6 LAPORAN BAB I II III FIKS.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (5kB) | Preview |
Abstract
Kegiatan PPL (praktik pengalaman lapangan) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib di tempuh bagi mahasiswa yang mengambil gelar atau jenjang program studi kependidikan S1. Dalam menyiapkan dan menghasilkan tenaga kerja kependidikan (calon guru) yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampiulan pedagogik yang profesional. Dalam kegiatan PPL UNY 2015 kali ini dilaksanakan di sekolah menengah kejuruan negeri 2 wonosari, yang beralamatkan di Jalan K.H. Agus Salim No.17, Ledoksari, Kepek, Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta. Kegiatan PPL yang dilaksanakan meliputi beberapa tahap yaitu tahap persiapan dan pelaksanaan. Kegiatan persiapan dimulai dengan observasi, pembelajaran, konsultasi guru bimbingan, dan mempersiapkan perangkat pembelajaran berupa administrasi guru seperti RPP, Silabus, Modul, Buku Kerja Guru, Dan Media Pembelajaran. Penulis pada PPL kali ini diberikan amanat mengampu materi kompetensi kejuruan ‘’Teknik Pemesinan Frais’’ meliputi teori dan praktikum di bengkel. Praktik mengajar di laksanakan pada 15 Agustus setelah pada tanggal 10 Agustus diadakan penerjunan PPL ke sekolah. Dalam melaksanakan kegiatan disampaikan bahwa sekolah menggunakan kurikulum 2013 dan untuk teknik pemesinan frais total jam perminggunya ialah 8 jam. Mahasiswa mendapat banyak pengalaman dalam mencari ilmu tentang bagaimana menjadi seorang guru yang memiliki kompetensi yang sesuai. Pengalaman nyata yang didapat dalam belajar dan bertindak merupakan pengalaman yang berharga. Sebagai guru memperoleh pengalaman berupa kegiatan persiapan mengajar dan pengelolaan kelas. Penulis menyarankan dalam kegiatan teori maupun praktik harus didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai untuk setiap siswa terutama pada saat praktik. Dalam bimbingan PPL supaya di jelaskan dari awal terkait dosen pembimbing dari kampus agar dapat segera berkonsultasi terkait kegiatan PPL UNY 2015. Terhadap guru pembimbing supaya benar-benar membimbing dan mengarahkan terhadap mahasiswa PPL yang sedang melaksanakan pembelajaran. Sehingga mahasiswa benar-benar dibekali dengan kemampuan praktik menjadi seorang guru yang handal dan profesional serta memiliki kompetensi sebagai guru yang sesuai.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PPL,TPF,Teknik Pemesinan Frais,SMK N 2 Wonosari,2015 |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 08 Jun 2016 06:56 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:49 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34153 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |