LAPORAN PPL/MAGANG III INDIVIDU DI SD NEGERI GEMBONGAN

Novyana Dwi Anugraheny, Novyana Dwi Anugraheny (2015) LAPORAN PPL/MAGANG III INDIVIDU DI SD NEGERI GEMBONGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. LAPORAN-PPL-INDIVIDU-NOVYANA-DWI-A_12108241149.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan/ Magang III adalah program kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru/pendidik atau tenaga kependidikan. Sehingga, dapat diketahui bahwa PPL/Magang III merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa kependidikan UNY untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi mengajarnya. Program ini dilaksanakan pada semester khusus tahun 205, yakni dimulai dari bulan Agustus sampai dengan September 2015. Program PPL/Magang III bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah, atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan; memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan sekolah atau lembaga yang terkait dengan proses pembelajaran; dan meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam pembelajaran di sekolah, klub, atau lembaga pendidikan. PPL/Magang III ini dilaksanakan di salah satu sekolah yang telah ditunjuk UNY yaitu SD Negeri Gembongan yang berlokasi di Jalan Wates Km.19 Klebakan, Salamrejo, Sentolo, Kulon Progo, Yogyakarta. Kegiatan yang dilakukan adalah kegiatan-kegiatan yang terkait dengan proses pembelajaran maupun kegiatan yang mendukung berlangsungnya pembelajaran. Sehingga, kegiatan yang dilakukan dalam PPL/Magang III ini adalah mengajar di kelas selama 1 bulan, dimulai dari tanggal dari tanggal 10 Agustus-12 September 2015. Kegiatan mengajar tersebut meliputi 4 kali proses pembelajaran terbimbing dan 2 kali pembelajaran mandiri. Sebelum melakukan kegiatan belajar mengajar di kelas, praktikan menyusun beberapa perangkat pembelajaran, yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), media pembelajaran, beserta kelengkapan pembelajaran lainnya. Setelah itu melakukan evaluasi dan tindak lanjut pembelajaran. Berdasarkan kegiatan PPL/Magang III yang telah dilaksanakan, maka dapat disimpulkan bahwa program PPL dapat menambah pemahaman dan penghayatan mahasiswa tentang proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah, memberikan pengalaman dan keterampilan untuk melaksanakan pembelajaran di sekolah, klub, atau lembaga; memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengenal segala permasalahan di sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran; dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, keterampilan, dan nilai sikap yang telah dipelajari dalam kehidupan nyata di sekolah. Secara umum, kegiatan PPL/Magang III di SD Negeri Gembongan berlangsung dengan lancar sesuai tujuan dan kebutuhan warga sekolah. Walaupun terdapat beberapa hambatan, akan tetapi pihak sekolah sangat terbuka dan banyak membimbing kami sehingga kegiatan tetap berjalan sesuai dengan rencana. Hal ini terlihat dari respon positif dari pihak guru, karyawan, maupun siswa sendiri.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL/Magang III, SD N Gembongan, UNY
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Jun 2016 06:22
Last Modified: 01 Oct 2019 11:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34143

Actions (login required)

View Item View Item