LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY DI SMK N 3 WONOSARI

Ezra Chicaal Sandya, Ezra Chicaal Sandya (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY DI SMK N 3 WONOSARI. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Pend.Teknik Boga 12512244033 Ezra Chicaal Sandya.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang merupakan program kegiatan mahasiswa UNY yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon tenaga kependidikan. Dengan visi wahana pembentukan calon guru atau tenaga pendidik yang professional, dalam proses PPL mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan kemampuan kependidikan sehingga dapat memberikan sumbangan hal pendidikan pada lembaga pendidikan terkait. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di SMK N 3 Wonosari terletak di Jl. Pramuka no. 8 Tawarsari, Wonosari, Gunungkidul dan dimulai dari tanggal 10 Agustus 2015 sampai 12 September 2015. Kegiatan tahap pelaksanaan PPL meliputi pembuatan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebagai acuhan mengajar, jobsheet sebagai acuan praktik pengolahan, praktik mengajar dikelas, serta praktik administrasi guru (piket guru dan perpustakaan). Waktu efektif praktik mengajar di kelas selama 5 minggu terhitung mulai tanggal 10 Agustus sampai 12 September 2015. Mata pelajaran yang diampu mahasiswa yaitu Pengetahuan Bahan Makanan kelas X TB 1 dan X TB 2 , Pengolahan dan Penyajian Makanan Indonesia XI TB 1 dan Pengelolaan Usaha Boga XII TB 1 dan XII TB 2. Metode yang digunakan yaitu diskusi, inkuiri, penugasan, presentasi, ceramah dan praktikum. Tahap terakhir adalah pembuatan laporan pelaksanaan kegiatan PPL sebagai bentuk pertanggungjawaban mahasiswa. Hasil akhir pelaksanaan kegiatan PPL ini, praktikan telah mencapai target lebih dari 25 pertemuan. Proses pembelajaran di kelas berjalan dengan lacar walaupun masih mengalami beberapa hambatan. Dari keseluruhan perjalanan program pelaksanaan PPL ini mahasiswa mendapatkan pengalaman mengajar menjadi seorang guru. Mahasiswa dapat mengenal, mempelajari dan memahami seluk-beluk pendidikan yang terampil, professional, serta syarat pengalaman mengajar. Adapu hambatan-hambatan yang dialami telah dapat diatasi dan dapat menjadikan sebuah pengalaman berharga bagi perjalanan menjadi seorang pendidik kelak.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMK N 3 Wonosari
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Jun 2016 05:51
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34130

Actions (login required)

View Item View Item