PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MELAKUKAN PEKERJAAN DENGAN MESIN BUBUT MELALUI PEMBELAJARAN BERBANTUAN MODUL DI SMK N 1 SEDAYU BANTUL

Robertus , Krismanto (2011) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MELAKUKAN PEKERJAAN DENGAN MESIN BUBUT MELALUI PEMBELAJARAN BERBANTUAN MODUL DI SMK N 1 SEDAYU BANTUL. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text (dokumen)
THE_IMPROVEMENT_OF_LEARNING_ACHIEVEMENT_ON_WORKING_ACTIVITY_USING_LATHE_MACHINE_THROUGH_MODULE_LEARCING_IN_SMK_N_1_SEDAYU_BANTUL.pdf

Download (107kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui prestasi belajar siswa sebelum perlakuan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, (2) untuk mengetahui prestasi belajar siswa setelah perlakuan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, (3) untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa pada kelompok eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi exsperiment. Penelitian ini merupakan penelitian populasi yang diambil dua kelas dengan jumlah siswa sebanyak 56 siswa. Bentuk desain penelitian yang digunakan dari quasi exsperiment adalah non equivalent control group design. Penelitian dilakukan pada kelas XI TPB sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI TPA sebagai kelompok kontrol pada Jurusan Teknik Pengelasan di SMK N 1 Sedayu Bantul. Kelas XI TPB dilakukan perlakuan dengan modul sebagai media pembelajaran dan kelas XI TPA dengan metode konvensional. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan pre test dan post test. Uji validitas instrumen dilakukan dengan exspert judgment. Uji reliabilitas instrumen dianalisis dengan rumus Spearman Brown. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah statistik diskriptif dan uji – t dengan taraf signifikansi 5%. Statistik diskriptif untuk mendiskripsikan data dan uji – t untuk pengujian hipotesisnya. Hasil penelitian didapatkan: (1) tidak terdapat perbedaan prestasi belajar siswa antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol sebelum di beri perlakuan dengan modul, (2) terdapat perbedaan prestasi belajar siswa antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol setelah di beri perlakuan dengan modul, (3) terdapat peningkatan prestasi belajar siswa pada kelompok eksperimen.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 08 Aug 2012 18:00
Last Modified: 29 Jan 2019 15:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3413

Actions (login required)

View Item View Item