LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY DI SMK N 3 WONOSARI Jl. Pramuka No. 8 Wonosari Gunungkidul Yogyakarta

Baiq Denta Riana Sari, Baiq Denta Riana Sari (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY DI SMK N 3 WONOSARI Jl. Pramuka No. 8 Wonosari Gunungkidul Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Pend.Teknik Boga 12511241010 BAIQ DENTA RIANA SARI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib tempuh oleh mahasiswa program studi kependidikan baik itu teknik maupun non teknik. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah serta pengalaman mengajar secara real, dalam rangka untuk melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Untuk menempuh program PPL mahasiswa mendapat lokasi PPL di SMK Negeri 3 Wonosari yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 10 Agustus 2015 sampai 12 September 2015. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 25 mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Teknik Boga, Pendidikan Teknik Elektronika, Pendidikan Teknik Elektro, Dan Pendidikan Teknik Mekatronika. Kegiatan PPLyang dilaksanakan mahasiswa meliputi tahap persiapan dan pelaksanaan. Kegiatan persiapan meliputi kegiatan observasi pembelajaran di kelas, konsultasi dengan guru pembimbing, dan melakukan persiapan mengajar antara lain menyediakan silabus, RPP, modul, bahan ajar, agenda mengajar, dan media yang digunakan pada proses pembelajaran. Sedangkan kegiatan pelaksanaan adalah kegiatan mengajar dikelas atau bertatap muka dikelas untuk mengajar peserta didik. Selama kegiatan PPL, mahasiswa melakukan praktik mengajar mandiri dan terbimbing di dua kelas, yaitu kelas X TB 2 dengan mata pelajaran sanitasi hygiene dan K3 sedangkan untuk kelas XI TB 2 dengan mata pelajaran pengolahan makanan Indonesia . Dari keseluruhan praktik mengajar praktikan melakukan praktik mengajar sebanyak 12 kali. Secara umum, program- program yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Mahasiswa telah berusaha untuk menekan semua hambatan yang terjadi selama melaksanakan program kerja, sehingga program tersebut akhirnya berhasil dilaksanakan. Munculnya hambatan selama pelaksanaan kegiatan merupakan hal yang wajar. Praktikan berharap, semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi semua pihak yang terkait.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMKN 3 Wonosari, X TB 2, XI TB 2.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Jun 2016 05:34
Last Modified: 01 Oct 2019 11:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34123

Actions (login required)

View Item View Item