LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 1 SEWON

Witi Uswatun Hasanah, Witi Uswatun Hasanah (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 1 SEWON. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Witi Uswatun Hasanah_12511244002.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta yang salah satunya berlokasi di SMK Negeri 1 Sewon Bantul telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 10 mahasiswi dan 1 mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Teknik Boga serta 8 mahasiswi dari Program Studi Pendidikan Teknik Busana. Tujuan diadakannya Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah untuk memberikan pengalaman bagi mahasiswa tentang dunia pendidikan secara nyata sehingga nantinya diharapkan dapat menjadi tenaga pendidik yang profesional di bidangnya. Kegiatan PPL yang dilaksanakan meliputi praktik mengajar, pembuatan perangkat pembelajaran berupa silabus, RPP, hand out, job sheet, media pembelajaran dan sebagainya serta melakukan kegiatan lain yang ada di sekolah. Pelaksanaan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan dilakukan mahasiswa menggunakan metode yang tersusun secara berurutan, yang dimulai dari melakukan observasi kondisi sekolah dan lembaga, observasi pembelajaran di kelas dan observasi peserta didik, observasi mahasiswa pada guru dalam pembelajaran di sekolah, serta melakukan bimbingan dengan guru pembimbing. Setelah melakukan observasi, mahasiswa berkonsultasi dengan guru pembimbing dan dosen pembimbing lapangan untuk membahas langkah-langkah yang akan ditempuh mahasiswa dalam mempersiapkan Praktik Pengalaman Lapangan. Berdasarkan kegiatan PPL yang telah dilaksanakan, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: 1) Kegiatan PPL yang telah dilaksanakan meliputi: pembuatan perangkat pembelajaran berdasarkan Administrasi Guru 2015 berupa silabus, RPP, hand out, job sheet, media pembelajaran, dan penilaian-penilaian, pendampingan guru pembimbing saat mengajar, serta pelaksanaan mengajar di kelas; 2) Kegiatan PPL merupakan wahana untuk memberikan bekal bagi mahasiswa tentang bagaimana menjadi guru yang memiliki dedikasi dan loyalitas yang tinggi pada instansi dan profesinya; 3) Kegiatan PPL ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar mengajar secara langsung di depan kelas, melakukan teknik pengelolaan kelas, melakukan teknik pengelolaan kelas dalam menghadapi siswa yang berbeda baik dari segi sikap maupun cara belajarnya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Perangkat Pembelajaran, Observasi
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Jun 2016 04:23
Last Modified: 01 Oct 2019 11:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34106

Actions (login required)

View Item View Item