LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Septiana Laili, Septiana Laili (2015) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Septiana Laili_14511247011.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah wajib yang bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman faktual mengenai proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya. Dengan adanya kegiatan PPL ini diharapkan mahasiswa sebagai calon guru mempunyai bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga pendidik yang profesional yang memiliki sikap, pengetahuan dan ketrampilan yang diperlukan dalam bidang profesinya. Pada kesempatan ini lokasi Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) adalah di SMK N 1 Sewon. Kegiatan yang dilakukan pada kegaitan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) ini meliputi pra PPL dan PPL. Kegiatan pra PPL meliputi observasi proses pembelajaran, pembagian mata pelajaran, dan diskusi dengan guru pembimbing. Persiapan PPL yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Sewon dimulai dengan pembekalan, micro teaching dan observasi langsung di sekolah. Sedangkan program PPL meliputi penyusunan dan bimbingan RPP, pembuatan materi dan media, praktik pembelajaran terbimbing hingga evaluasi pembelajaran. Praktik pembelajaran terbimbing dilakukan sebanyak 10 kali dengan total 40 jam pelajaran. Mata pelajaran yang diampu yaitu ilmu gizi dengan ruang lingkup materi pengenalan ilmu gizi, zat gizi karbohidrat, zat gizi lemak, zat gizi protein dan mineral. Model pembelajaran yang digunakan yaitu discovery, make a match, dan snowball throwing. Pada pelaksanaan PPL dijumpai beberapa hambatan baik dari dalam diri mahasiswa maupun dari siswa. Hambatan yang ada dalam diri mahasiswa yaitu kurang percaya diri dan belum mampu mengkondisikan siswa di dalam kelas dengan baik. Sedangkan hambatan dari siswa yaitu adanya siswa yang kurang antusias dalam pembelajaran dan kurang disiplin. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut adalah dengan berlatih sebelum praktik pembelajaran, memberikan sanksi serta menerapkan model pembelajaran yang variatif, seperti discovery, make a match, dan snowball throwing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan, SMK N 1 Sewon,
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Jun 2016 04:13
Last Modified: 01 Oct 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34101

Actions (login required)

View Item View Item