LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 1 SEWON Pulutan, Pendowoharjo, Sewon, Bantul

Fitri, Muslimah (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 1 SEWON Pulutan, Pendowoharjo, Sewon, Bantul. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Fitri Muslimah_12511241011.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik atau tenaga kependidikan. Pengembangan program PPL/Magang III mahasiswa dibimbing oleh dosen pembimbing dan guru pembimbing yang dilatih serta mempunyai kualifikasi sebagai pembimbing PPL/Magang III. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilakukan di SMK Negeri 1 Sewon mulai dari tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. SMK Negeri 1 Sewon berlokasi di Pulutan, Pendowoharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Kegiatan praktik mengajar mahasiwa dilakukan di kelas XII Patiseri dan XII Jasa Boga 3 dengan mata pelajaran yang diperoleh yaitu Tata Hidang. Materi yang diberikan adalah Skirting, Perencanaan dan Penataan Meja Prasmanan (Buffet), Pelayanan pesanan makan dan minum dengan Teknik Buffet, dan Minuman Panas, untuk kelas XII Patiseri dan materi Room Service untuk kelas XII Jasa Boga 3. Kegiatan praktik mengajar kelas XII Patiseri dilakukan setiap hari Kamis jam 09.15-14.15 WIB (6 x 45 menit) sebanyak 4 kali pertemuan. Pembelajaran yang dilakukan berupa 1 kali pembelajaran teori dan 3 kali pembelajaran teori dan praktik. Sedangkan kegiatan praktik mengajar kelas XII Jasa Boga 3 dilakukan pada hari Jumat jam 07.00-11.40 (6 x 45 menit) sebanyak 1 kali pertemuan teori. Kegiatan yang dilakukan selama PPL yaitu 1) Observasi sekolah dan kelas yang dilalukan sebelum kegiatan belajar mengajar berlangsung, 2) Praktik Mengajar Terbimbing , 3) Pendampingan kegiatan ekstrakulikuler siswa dan 4) Piket menjaga UKS dan Perpustakaan. Hambatan yang dihadapi oleh mahasiwa adalah kurangnya pengetahuan mengenai administrasi guru dan perpustakaan serta beberapa fungsi obat-obatan dan penanganan terhadap pasien yang sakit. Solusi yang telah dilakukan untuk memperlancar kegiatan PPL yaitu mempelajari administrasi guru di awal minggu sehingga proses mengajar berjalan lancar dan mempelajari obat-obatan kepada guru uks/dokter jaga agar bisa melayani pasien dengan baik

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMK N 1 Sewon, Tata Hidang
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Jun 2016 03:57
Last Modified: 01 Oct 2019 11:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34094

Actions (login required)

View Item View Item