LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMKN 1 SEWON

Anjani Mega Pertiwi, Anjani Mega Pertiwi (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMKN 1 SEWON. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Anjani Mega P_14511247009.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah wajib yang bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman faktual mengenai proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya. Dengan adanya kegiatan PPL ini diharapkan mahasiswa sebagai calon guru mempunyai bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga pendidik yang professional yang memiliki sikap, pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam bidang profesinya. PPL dilaksanakan di SMKN 1 Sewon Pulutan, Pendowoharjo, Sewon, Bantul, dari tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015. Kegiatan yang dilakukan meliputi kegiatan Pra PPL dan PPL. Kegiatan Pra PPL merupakan kegiatan sosialisasi PPL lebih awal kepada mahasiswa yang bertujuan agar mahasiswa peserta PPL mengetahui terlebih dahulu hal-hal yang akan dilakukan selama PPL. Persiapan PPL dimulai dengan micro teaching, pembekalan PPL dan observasi langsung di SMKN 1 Sewon. Sedangkan program PPL meliputi penyusunan RPP, pembuatan media pembelajaran, praktik mengajar sampai dengan evaluasi pembelajaran. Hasil pelaksanaan PPL di SMKN 1 Sewon adalah membuat 6 RPP, jobsheet, handout, soal evaluasi, dan administrasi guru lainnya. Mengajar di kelas X JB 1, X JB 2, X JB 3, X JB 4 dan XII JB 1. Praktik mengajar dilakukan 11 kali dengan total jam mengajar 34 jam. Mata pelajaran yang diajarkan adalah Pengetahan Bahan Makanan untuk kelas X dan Hidangan Kesempatan Khusus dan Fusion Food untuk kelas XII. Dalam praktik mengajar praktikan menggunakan beberapa metode pembelajaran yaitu metode saintifik, diskusi, tanya jawab, praktek, demonstrasi, presentasi, serta berbagai games yang menarik. Model pembelajaran yang digunakan adalah discovery learning, snowball throwing, dan make a match. Dari beberapa metode dan model pembelajaran yang diterapkan tersebut kegiatan pembelajaran menjadi tidak mononton. Selama pelaksanaan PPL dijumpai beberapa hambatan antara lain praktikan masih kurang percaya diri karena masih belum terbiasa dan beberapa siswa masih sulit dikendalikan, baik dari sisi ketertiban, antusiasme dalam proses pembelajaran, dan kerapian dalam hal penampilan. Adapun upaya yang dilakukan adalah praktikan berlatih sebelum mengajar dan mempersiapkan materi secara lebih matang, serta memberikan sanksi secara positif kepada siswa yang kurang disiplin dan menerapkan beberapa metode dan model pembelajaran yang berbeda-beda pada tiap pertemuan. Setelah dilaksanakan PPL ini diharapkan mahasiswa (praktikan) dapat memperoleh pengalaman yang nyata mengenai dunia persekolahan/ kependidikan dan dapat menerapkan ilmu yang telah didapat selama ini di bangku kuliah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMKN 1 Sewon.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Jun 2016 03:29
Last Modified: 01 Oct 2019 11:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34089

Actions (login required)

View Item View Item