LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2015/2016 DI SMP NEGERI 4 WONOSARI

Taufik Nur Rahmadi, Taufik Nur Rahmadi (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2015/2016 DI SMP NEGERI 4 WONOSARI. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I,II,III.pdf

Download (471kB) | Preview

Abstract

Program PPL merupakan pembentukan dan peningkatan kemampuan profesional. Kegiatan yang termasuk lingkup PPL diarahkan ke pelatihan pengalaman profesionalisme pembelajaran. Adapun tujuan dari progam PPL ini yakni untuk mengabadikan sebagian kompetensi mahasiswa untuk membantu lebih memberdayakan masyarakat sekolah demi tercapainya keluaran sekolah yang lebih berkualitas serta melatih kemampuan profesionalisme mengajar mahasiswa secara konkret. Pelaksanaan PPL dilakukan pada tanggal 10 Agustus 2015 - 12 September 2015 bertempat di SMP N 4 Wonosari yang beralamat di Ngerboh 1, Piyaman, Wonosari, Gunungkidul. Kegiatan PPL ini melaksanakan program-program kegiatan dengan ketrampilan yang dimiliki oleh mahasiswa yang diperoleh selama berada di perguruan tinggi dan didukung kondisi lingkungan warga sekolah. Persiapan sebelum dilakukannya kegiatan mengajar adalah dengan mengikuti mata kuliah micro teaching (pengajaran mikro), pembekalan PPL, pengambilan KIT pembelajaran, dan observasi fisik maupun observasi pembelajaran untuk memperoleh data yang cukup untuk menyusun progam kerja. Sebelum memulai untuk melakukan kegiatan mengajar, terlebih dahulu mahasiswa melakukan persiapan yaitu mengikuti mata kuliah pengajaran mikro, pembekalan PPL dan observasi untuk memperoleh data yang diperlukan untuk menyusun program kerja. Berdasarkan hasil observasi, diidentifikasi beberapa permasalahan di sekolah maupun potensi yang sebenarnya dapat dikembangkan di sekolah tetapi belum diberdayakan serta dapat mempersiapkan hal-hal yang berkaitan dengan program PPL. Berdasarkan situasi yang ada, maka mahasiswa merencanakan beberapa program yang dilaksanakan selama PPL. Program PPL tersebut antara lain konsultasi dengan guru pembimbing dan dosen pembimbing PPL; penyusunan matriks program kerja; penyusunan buku 1, buku 2, dan administrasi laboratorium; pembuatan perangkat pembelajaran (penyusunan jadwal mengajar, silabus, RPP, dan media pembelajaran); mencari bahan untuk mengajar; mengajar; membuat lembar kerja siswa; membuat soal ulangan harian; mengoreksi lembar kerja siswa; mengoreksi ulangan harian; memasukkan nilai lembar kerja siswa; memasukkan nilai ulangan harian; mengikuti kegiatan sekolah (upacara bendera hari senin, upacara HUT RI, dan apel pagi); serta pembuatan dan pengumpulan laporan. Secara garis besar, hampir seluruh program berjalan baik melalui pemantauan & bimbingan. Mahasiswa juga memperoleh pengalaman dan pemahaman mengenai proses pendidikan dan pembelajaran di SMP N 4 Wonosari, memperoleh pengalaman tentang cara berfikir dan bekerja di lingkungan sekolah, dan memperoleh pengalaman dalam bersosialisasi atau beretika di sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMP N 4 Wonosari, pengalaman
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Jun 2016 03:07
Last Modified: 01 Oct 2019 11:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34087

Actions (login required)

View Item View Item