MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEORI DASAR PENGELASAN OXY ACETYLENE DENGAN METODE CERAMAH MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL DI KELAS X SMK N 1 SEDAYU

Riza Kurnia , Akbar (2011) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEORI DASAR PENGELASAN OXY ACETYLENE DENGAN METODE CERAMAH MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL DI KELAS X SMK N 1 SEDAYU. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text (dokumen)
MENINGKATKAN_HASIL_BELAJAR_TEORI_DASAR_PENGELASAN_OXY_ACETYLENE_DENGAN_METODE_CERAMAH_MENGGUNAKAN_MEDIA_VISUAL_DI_KELAS_X_SMK_N_I_SEDAYU.pdf

Download (152kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui penerapan metode ceramah dengan menggunakan media visual pada siswa SMK ; dan (2) Mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa SMK selama proses pembelajaran menggunakan metode ceramah dengan menggunakan media visual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model penelitian tindakan responsif. Penelitian ini dilakukan dalam dua kali putaran (siklus). Setiap pertemuan menggunakan langkah-langkah: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.Subyek penilitian adalah kelas X TPA SMK Negeri 1 Sedayu yang berjumlah 34 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi keaktifan siswa, hasil belajar serta instrument pendukung lainya seperti catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Data tentang keaktifan siswa diperoleh melalui observasi kelas dan dianalisis untuk membandingkan tingkat keaktifan siswa pada setiap siklus. Data tentang hasil belajar diperoleh melalui tes dan dianalisis untuk melihat peningkatan hasil tes pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran teori dasar pengelasan oxy acetylene menggunakan metode ceramah dengan media visual dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran, dengan peningkatan skor rata-rata keaktifan ialah 2,18 masuk dalam kategori cukup pada siklus I dan menjadi 3,9 masuk dalam kategori baik pada siklus II. Peningkatan nilai rata-rata kelas ialah 7,78 dengan jumlah siswa yang memperoleh nilai di atas 7,00 sebanyak 21 siswa (58,33%) pada siklus I naik menjadi 8,11 dengan jumlah siswa yang memperoleh nilai di atas 7,00 sebanyak 26 siswa (72,22%) pada siklus II.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 08 Aug 2012 18:00
Last Modified: 29 Jan 2019 15:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3408

Actions (login required)

View Item View Item